Gelar Candi Dermo Culture Fest, Srikandi Ganjar Kampanye Pelestarian Budaya

Kamis, 15 September 2022 - 11:46 WIB
loading...
Gelar Candi Dermo Culture Fest, Srikandi Ganjar Kampanye Pelestarian Budaya
Relawan Ganjar Pranowo menggelar Candi Dermo Culture Fest yang mengusung tema September Berbudaya Bersama Srikandi Ganjar di kawasan Candinegoro, Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo, Rabu (14/9/2022). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SIDOARJO - Relawan Ganjar Pranowo menggelar Candi Dermo Culture Fest yang mengusung tema September Berbudaya Bersama Srikandi Ganjar. Cara kreatif ini diusung Srikandi Ganjar Jawa Timur untuk mengkampanyekan kesetaraan gender dan pelestarian budaya .

Arak-arakan karnaval budaya Nusantara yang dimulai pada malam hari tersebut dipadati sekitar 1.200 warga di kawasan Candinegoro, Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo. Para peserta karnaval yang merupakan perwakilan dari kaum perempuan bersemangat mengikuti kegiatan tersebut.

“Masyarakat terutama kaum perempuan muda sangat aktif dan semangat mengikuti seluruh rangkaian prosesi festival ini. Mereka punya kreativitas dalam mengekspresikan diri dengan penampilan nyentrik selama karnaval berlangsung,” kata Ketua Koordinator Srikandi Ganjar Wilayah Jawa Timur Cindy Maghriza dalam kegiatan Candi Darmo Culture Fest, Rabu (14/9/2022).

Menurut Cindy, banyak hal yang bisa dilakukan masyarakat, terutama perempuan, dalam melestarikan budaya. Salah satunya dengan festival budaya tersebut. Baca juga: Buntut Hina Ning Imaz, Eko Kuntadhi Mundur dari Ketua Ganjarist

Cindy mengajak semua perempuan untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan sebagai identitas bangsa Indonesia. "Kami berharap agar perempuan dapat berkontribusi dalam memberikan kesadaran kepada masyarakat bahwa budaya itu tidak hanya dilestarikan, tapi perlu dikembangkan sesuai dengan amanat dari Pak Ganjar Pranowo," tambahnya.

Selama ini, lanjut Cindy, Ganjar Pranowo dikenal sebagai sosok yang memberikan perhatian khusus kepada pemberdayaan perempuan dan pengembangan budaya bangsa. Hal tersebut dibuktikan dengan berbagai penghargaan yang diraihnya. Salah satunya adalah Anugerah Parahita Ekapraya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) yang berhasil diraih Jawa Tengah selama empat tahun berturut-turut.

"Dengan catatan tersebut, wanita lebih punya ruang untuk berkarya dan ditempatkan pada posisi strategis dalam menentukan kebijakan baik dalam kedudukannya sebagai karyawan maupun mengembangkan usahanya secara mandiri. Jadi, perempuan bukan hanya melakukan pekerjaan rumah tangga saja," tambahnya.

Dalam konteks pelestarian budaya, Ganjar kerap memberikan apresiasi kepada daerah dan perusahaan yang menanamkan praktik-praktik pelestarian budaya. Apresiasi diberikan untuk mendorong penguatan identitas bangsa dan kesadaran untuk melestarikan budaya Nusantara.

"Hal tersebut dirasa penting karena ketika budaya tersebut berkembang, maka banyak pertumbuhan ekonomi yang maju di sekitarnya," tuturnya. Baca juga: Boleh Miliki Senjata, Wanita Arab Saudi Kian Bebas di Bawah Mohammed bin Salman

Cindy berkomitmen untuk terus mengkolaborasikan dua kekuatan, perempuan dan kebudayaan. Ke depan, sosialisasi Srikandi Ganjar akan terus berlanjut. Candi Dermo Culture Fest ditutup dengan pembagian hadiah karnaval kepada desa terunik dan hadiah fashion show kepada perempuan dengan kostum dan penampilan terbaik.
(poe)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1526 seconds (10.177#12.26)