Keliling Balikpapan, Layanan Mobil Ini Mudahkan Akses Kesehatan Masyarakat

Kamis, 15 September 2022 - 04:15 WIB
loading...
Keliling Balikpapan, Layanan Mobil Ini Mudahkan Akses Kesehatan Masyarakat
Layanan Mobile Costumer Service (MCS) ke sejumlah kelurahan di Balikpapan dilakukan untuk memudahkan peserta mengakses pelayanan administrasi kepesertaan JKN. Foto/MPI/Mukmin Azis
A A A
BALIKPAPAN - Layanan mobil yang bergerak ke sejumlah kelurahan di Balikpapan dilakukan untuk memudahkan peserta mengakses pelayanan administrasi kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Layanan jemput bola Mobile Costumer Service (MCS) ini dapat dirasakan oleh masyarakat yang ingin memperoleh layanan secara tatap muka tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan.

Baca juga: Menko Luhut Dukung Obat Modern Asli Indonesia Dimasukkan ke dalam Program JKN

"Pekan lalu, kami telah membuka layanan di Kelurahan Manggar dan selanjutnya pekan ini di Kelurahan Sepinggan. Jika tidak ada kendala, pekan depan kami juga akan membuka layanan di Kelurahan Graha Indah," ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan, Sugiyanto, Rabu (15/9/2022).

Dia mengatakan, pelayanan yang diberikan pada layanan jemput bola tidak jauh berbeda degan pelayanan yang dihadirkan di kantor.

Ppada layanan MCS tersebut, peserta JKN bisa mengakses pelayanan, di mulai dari pelayanan pendaftaran, perubahan data, pendaftaran pada aplikasi Mobile JKN, permohonan informasi dan penyampaian pengaduan.

"Layanan jemput bola ini kami hadirkan setiap hari Rabu dan Kamis di setiap pekannya, mulai pukul delapan pagi hingga pukul 12 siang WITA. Harapannya, dengan semakin mudah peserta mengakses pelayanan, maka semakin meningkat pula tingkat kepuasan peserta terhadap Program JKN," tambah Sugiyanto.

Baca juga: Oknum ASN di Sinjai Tendang Siswi SMP hingga Jatuh, Yuni Astuti: Pelakunya Layak Dipecat

Sementara itu, salah satu peserta yang mengunjungi layanan MCS, Fidah menyebutkan kemudahan yang dirasakannya.

Dirinya menyampaikan, dengan kehadiran layanan jemput bola yang setiap minggunya menyasar di setiap kelurahan, masyarakat sudah tidak perlu lagi datang ke kantor BPJS Kesehatan.

"Selain itu, oleh petugasnya dijelaskan cara mendaftar dan menggunakan Aplikasi Mobile JKN. Setelah saya gunakan, ternyata aplikasi ini banyak manfaatnya. Untuk mengecek status aktif atau tidak, mau ubah data juga bisa dan juga ada kartu digitalnya yang bisa digunakan untuk berobat" ujar Fidah.

Sebagai informasi, saat ini jumlah peserta JKN di Kota Balikpapan terdapat sebanyak 696.489 peserta. Jumlah tersebut terdiri dari 254.426 peserta segmen penerima bantuan iuran dan 442.063 peserta segmen bukan penerima bantuan iuran.
(shf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1611 seconds (10.177#12.26)