UMKM Jadi Kekuatan Kebangkitan Ekonomi di Jawa Tengah

Kamis, 02 Juli 2020 - 17:02 WIB
loading...
UMKM Jadi Kekuatan Kebangkitan Ekonomi di Jawa Tengah
Gubernur Ganjar Pranowo berbicara di acara FGD di Bank Jateng, Kamis (2/7/2020). Tema FGD tentang Pemulihan Pertumbuhan Ekonomi Jawa Tengah. Foto/Dok/Humas Pemprov Jateng
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkomitmen untuk kembali membangkitkan ekonomi setelah sekian waktu melemah akibat pandemi Covid-19. Kekuatan kebangkitan ekonomi salah satunya dengan menghidupkan dan mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terutama yang ada di Jawa Tengah.

“Tantangan saat ini adalah membangkitkan kembali ekonomi dengan mencari momentum pijakan. Kekuatan saat ini apa, ya UMKM,” ujar Ganjar Pranowo saat menghadiri acara penandatanganan kerjasama Bank Jateng dengan PT BKK Jateng untuk pengembangan UMKM di Jawa Tengah, Kamis (2/7/2020). (Baca: Petani Muda Kreatif, Kembangkan Buah Melon Premium di Masa Pandemi )

Ia menyebutkan bahwa potensi UMKM di Jawa Tengah sangat tinggi. Hal itu dilihat dari beberapa UMKM di daerah-daerah yang tetap survive di masa pandemi. “Oh, potensi UMKM di Jawa Tengah sangat tinggi. Kita sudah buat pemanasan kemarin saat pandemi kita minta bikin masker, mereka bisa. Suruh praktik bikin hasmat mereka bisa,” ungkapnya.

Untuk itu, ia mengapresiasi langkah Bank Jateng yang bekerjasama dengan PT BKK Jateng tersebut untuk mendukung perkembangan UMKM di Jawa Tengah. “Sekarang kita coba bank Jateng dan PT BKK Jateng untuk membantu permodalan dan pendampingan.

Selain itu juga sudah disiapkan marketplace Bimart atau Bima Market. Kita harapkan UMKM tetap survive, kualitasnya harus tidak biasa-biasa saja dan masuk kelas menangah syukur-syukur atas,” imbuhnya. (Baca: Keturunan HB II Minta Inggris Kembalikan Harta Rampasan Geger Sepehi)

Ganjar membeberkan kunci keberhasilan pendampingan UMKM saat ini adalah marketing, teknologi informasi, budgetting, dan akses produk. “Bukan permodalan yang pertama dibutuhkan. Ternyata yang dibutuhkan masyarakat itu marketing, penggunaan teknologi, budgetting, dan akses produk. Kita latih mereka, karena inilah kekuatan ekonomi di masa pandemi,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga berpesan semua pihak terkait untuk bekerja keras untuk membangkitkan ekonomi. “Bukan hanya kesehatan yang diurus, tapi juga kebangkitan ekonomi. Untuk itu, saya titip pesan kerahkan semua tenaga, waktu dan pikiran untuk membangkitkan ekonomi,” tandasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1341 seconds (0.1#10.140)