Harga BBM Mahal, Ridwan Kamil Sebut Kendaraan Listrik Solusi Jangka Panjang

Selasa, 13 September 2022 - 14:52 WIB
loading...
Harga BBM Mahal, Ridwan Kamil Sebut Kendaraan Listrik Solusi Jangka Panjang
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil berharap, protes masyarakat terhadap kenaikan harga BBM dibarengi solusi jangka panjang dengan penggunaan kendaraan listrik. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, kendaraan listrik menjadi salah satu solusi jangka panjang dalam mengatasi persoalan mahalnya bahan bakar minyak (BBM) .

Hal itu dikatakan Ridwan Kamil menyikapi fenomena protes masyarakat pascakenaikan harga BBM di sela peninjauan harga kebutuhan pokok di Pasar Balubur Town Square, Kota Bandung, Senin (12/9/2022) kemarin.



Menurut Ridwan Kamil, protes masyarakat, termasuk para mahasiswa terhadap kenaikan harga BBM merupakan hal wajar sepanjang tidak disertai tindakan anarkis.

Meski begitu, kata dia, protes tersebut harus dibarengi dengan solusi jangka panjang.

"Wajar yah kalau ada dinamika keputusan pusat respon masyarakat berbeda, ini negara demokrasi, yang penting tidak ada huru hara kerusuhan dan tentu juga saran saya diiringi solusi jangka panjang, masukan saya," tutur Ridwan Kamil.

Adapun solusi yang dimaksud Ridwan Kamil, yakni masyarakat mulai menyesuaikan diri dari hal terkecil, seperti penggunaan kendaraan listrik. Terlebih, kata dia, krisis energi yang terjadi di Indonesia diprediksi akan panjang.

"Makanya, saran saya seperti saya kesini pake kendaraan listrik sudah mulai dari sekarang. Kalau ada kepikiran cicil motor biasa atau listrik, dari sekarang (lebih baik) motor listrik," ujarnya.


Menurut Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu, energi listrik jauh lebih murah dibandingkan BBM. Bahkan, dia menyebut, harga listrik 1/5 harga BBM.

"Harga listrik kalau dicolok juga cuma 1/5 dari harga BBM dan sekarang harus mulai pelan-pelan (beralih menggunakan kendaraan listrik)," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1642 seconds (0.1#10.140)