TGB HM Zainul Majdi: Politisi Harus Kedepankan Gagasan dalam Berpolitik Bukan Uang

Sabtu, 10 September 2022 - 10:02 WIB
loading...
TGB HM Zainul Majdi: Politisi Harus Kedepankan Gagasan dalam Berpolitik Bukan Uang
Dialog kebangsaan yang digelar DPW Partai Perindo Sumatera Utara dengan pembicara Ketua Harian Nasional Partai Perindo TGB HM Zainul Majdi (tengah) didampingi Ketua DPW Partai Perindo Sumut Rudi Zulham Hasibuan (kiri). Foto SINDOnews
A A A
MEDAN - Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo TGB HM Zainul Majdi hadair sebagai salah satu pembicara dalam acara Dialog Kebangsaan yang digelar oleh DPW Partai Perindo Sumatera Utara, Jumat (9/9/2022). Dalam kesempatan itu mantan Gubernur NTB tersebut menegaskan bahwa politisi harus mengedepankan gagasan dalam berpolitik, bukan uang.



TGB menyampaikan itu menjawab pertanyaan dari anggota Forum Dai dan Ustad Muda Medan terkait maraknya politik uang yang dianggap lumrah saat ini. "Saya berani mendebat itu (politik uang). Kalau Anda datang dengan gaya membawa uang, maka uanglah yang ditunggu masyarakat," kata TGB.

TGB pun mengisahkan pengalamannya saat maju periode pertama sebagai Gubernur NTB pada Tahun 2008. Saat itu ia menghadapi calon kuat yang juga petahana serta koalisi dari partai besar.

Ia membuktikan bila kerja politik adalah kerja panjang, mengedepankan gagasan dan melibatkan masyarakat. Keterlibatannya di masyarakat selama ini seolah mengkompensasi uang. "Atribut, yang buat masyarakat. Mereka berlomba membantu saya," kisahnya.

Menurut TGB, munculnya politik uang mungkin terjadi karena tak menghadirkan gagasan. Memandang politik secara pragmatis. "Politik itu bukan bikin bakso, malam dibuat pagi dimakan. Atau seperti menanam jagung, tanam sekarang tiga bulan panen," ucapnya.

Ulama Ahli Tafsir Alquran ini mengibaratkan berpolitik itu seperti menanam pohon jati, yang setelah ditanam, butuh bertahun-tahun untuk mendapatkan kayu.

Cucu Pahlawan Nasional TGKH M Zainuddin Abdul Madjid ini pun mengkritik soal politik uang yang kerap muncul di ruang publikm enghabiskan biaya cukup besar.

"Padahal, ada pula yang berpolitik dengan gagasan, tak melulu menjadikan uang sebagai ukuran. Politisi yang tak habiskan uang banyak jarang diceritakan," tuturnya.

TGB berharap politisi yang masuk partai politik agar mendahulukan kepentingan masyarakat. "Gimana ketika masuk dalam kelompok (partai politik) dapat mendahulukan kemaslahatan umat. Kondisi hari ini selalu mendahulukan partai baru rakyat," katanya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.6070 seconds (0.1#10.140)