Harga BBM Naik, Bank Jateng Turunkan Suku Bunga bagi Pedagang dan UMKM

Jum'at, 09 September 2022 - 16:25 WIB
loading...
Harga BBM Naik, Bank Jateng Turunkan Suku Bunga bagi Pedagang dan UMKM
Ganjar Pranowo melakukan re-launching Kredit Lapak dan Mitra Jateng 25 di Bank Jateng Cabang Surakarta, Jumat (9/9/2022). Kebijakan ini sebagai bagian dari respons atas kenaikan harga BBM. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SOLO - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan re-launching Kredit Lapak dan Kredit Mikro Sejahtera (Mitra) Jateng 25 Bank Jateng . Kebijakan ini sebagai bagian dari respons kenaikan harga BBM.

Kredit Lapak adalah kredit mudah, murah, dan terima utuh bagi pedagang pasar dengan plafon maksimal senilai Rp25 juta. "Tidak mudah hari ini masyarakat masih merespons kenaikan harga BBM . Bank Jateng melakukan respona untuk usaha kecil menengah. Satu adalah Kredit Lapak mudah murah terima utuh yang bunganya cuma 2%," kata Ganjar usai re-launching di Bank Jateng Cabang Surakarta, Jumat (9/9/2022).

Sementara Kredit Mitra Jateng 25 mudah, murah dan usaha bertambah sudah lebih dulu diluncurkan. Program ini pun dikhususkan hanya untuk pelaku usaha UMKM di Jawa Tengah.

Ganjar memaparkan, Kredit Mitra Jateng 25 awalnya menetapkan suku bunga 7% per tahun. Namun setelah re-launching, bunganya diturunkan menjadi 3% dengan plafon maksimal Rp25 juta. Persyaratannya pun kini jauh lebih mudah. "Dan itu betul-betul hanya untuk UMKM saja," jelas Ganjar.

Menurut Ganjar, akses permodalan dengan bunga relatif ringan akan mampu membantu masyarakat di tengah situasi seperti ini."Maka Bank Jateng kami apresiasi karena dalam situasi sulit ini ikut berkontribusi menyelesaikan persoalan. Sehingga masyarakat dalam akses permodalan dimudahkan, digampangkan dan relatif bunganya sangat rendah sekali," ucap Ganjar.

Sebagai informasi, pada acara re-launching tersebut, turut dihadirkan 20 pelaku UMKM beserta produknya dari Bank Jateng yang naik kelas dari kredit Rp1 juta menjadi Rp25 juta. Dengan Kredit Lapak dan Kredit Mitra Jateng 25 ini masyarakat diharapkan dapat memanfaatkannya semaksimal mungkin.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2113 seconds (0.1#10.140)