Jaga Kelestarian Laut, Blackmores Indonesia Luncurkan Program Peduli ‘Tukar Botol’

Kamis, 08 September 2022 - 22:39 WIB
loading...
Jaga Kelestarian Laut, Blackmores Indonesia Luncurkan Program Peduli ‘Tukar Botol’
PT. Kalbe Blackmores Nutrition kembali meluncurkan program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’. Program ini merupakan upaya menjaga kebersihan lingkungan, khususnya ekosistem laut. Foto ist
A A A
BOGOR - PT. Kalbe Blackmores Nutrition (Blackmores Indonesia) kembali meluncurkan program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’. Program yang berlangsung sejak 1 September hingga 30 November 2022 ini merupakan upaya menjaga kebersihan lingkungan, khususnya ekosistem laut.

Head of Marketing Kalbe Blackmores Nutrition, Astrid Prasetyo mengatakan, program ini salah satu inisiatif yang dilakukan untuk mendukung target pemerintah dalam menurunkan sampah plastik di laut hingga 70 persen pada tahun 2025.



Melalui program ini, lanjut dia, masyarakat diajak untuk ikut bertanggung jawab atas sampah plastik dengan mengumpulkan sebanyak-banyaknya sampah botol plastik bekas dari merek apapun agar bisa dikelola atau didaur ulang.

Dengan mengajak masyarakat Indonesia peduli menjaga kebersihan lingkungan laut, diharapkan perlahan sampah plastik menurun. "Sebab, menjaga kelestarian dan kesehatan lingkungan laut merupakan hal yang penting untuk dilakukan bersama demi terciptanya ekosistem laut yang bersih sebagai awal dari kesehatan,” kata Astrid, Kamis (8/9/2022).

Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2021 menyebutkan limbah plastik Indonesia mencapai 66 juta ton per tahun. Diperkirakan sebanyak 3,2 juta ton di antaranya merupakan sampah plastik yang terbuang ke laut.

Selain itu, Data National Plastic Action Partnership (NPAP) juga menunjukkan ada 4,8 juta ton sampah plastik di Indonesia tidak diolah dengan baik. Sebanyak 48 persen di antaranya dibuang ke alam terbuka dan 9 persen dari sampah plastik berakhir di laut.

Fakta tersebut mendorong Blackmores untuk ikut berkontribusi dalam membantu mengurangi jumlah sampah botol plastik yang dapat mengotori laut. "Hal ini yang mendasari kami untuk terus mendukung segala upaya dalam menurunkan sampah plastik di laut dengan kembali menghadirkan program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’," imbuhnya.

Adapun mekanisme penukaran botol plastik dalam program Blackmores Peduli sangat mudah. Konsumen yang memiliki botol plastik bekas vitamin merek apapun dapat mengumpulkan dan membawanya ke apotek independen yang tersedia dropbox Blackmores dan juga Blackmores Pop Up Store yang berada di beberapa titik mal di Indonesia.

“Blackmores juga telah menyiapkan bentuk apresiasi bagi masyarakat untuk setiap keikutsertaannya pada kegiatan ini. Setiap botol plastik dapat ditukarkan dengan voucher belanja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2514 seconds (0.1#10.140)