Khofifah Sebut Lansia Paling Rentan Terpapar COVID-19

Kamis, 02 Juli 2020 - 10:11 WIB
loading...
Khofifah Sebut Lansia Paling Rentan Terpapar COVID-19
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (kanan) saat penyerahan bansos di Gedung Negara Grahadi.Foto/SINDONews/Lukman hakim
A A A
SURABAYA - Pemerintah memberi bantuan sosial (bansos) berupa paket sembako pada 2.300 lanjut usia (lansia) di Jawa Timur (Jatim). Rinciannya, 2.000 paket dari Kementerian Sosial (Kemensos) dan sebanyak 300 paket dari Pemprov Jatim.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, penyerahan bansos ini merupakan bagian dari ikhtiar yang diperuntukkan pada masyarakat khususnya lansia terdampak pandemi COVID-19. (Baca juga: Dua TNI Tangkap Basah Pengedar Pil Koplo di Villa Kota Batu )

"Lansia merupakan kelompok rentan yang mudah terpapar COVID-19. Bahkan, dari seluruh SOP protokol kesehatan di dunia yang harus dilindungi pertama kali adalah para lansia," katanya, Rabu (1/7/2020) sore.

Selain lansia, kelompok rentan lainnya adalah masyarakat yang memiliki penyakit bawaan atau komorbid seperti diabetes, hipertensi, jantung dan penyakit lainnya.

(Baca juga: Rumah Pegawai Lapas Mojokerto Diteror Bom Molotov )

"Di Jatim penyakit bawaan yang memiliki resiko tinggi akibat COVID-19 adalah diabetes. Oleh karena itu jika ada lansia yang terkonfirmasi memiliki diabet tolong dijaga agar jangan sampai terpapar COVID-19 ," terangnya.

Mantan Mensos itu meminta kepada para lansia untuk senantiasa menggunakan masker saat beraktifitas dimanapun. Alasannya, penggunaan masker dapat mencegah penularan sekitar 60 persen.

Begitu pula dengan menjaga jarak dan mencuci tangan menggunakan sabun. "Sehingga COVID -19 harus terus dilakukan oleh para lansia guna mencegah penularan," pungkasnya.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Jatim Alwi menjelaskan, penyerahan bansos tersebut menyasar sembilan kabupaten dan kota. Antara lain Bangkalan, Blitar, Kediri, Ponorogo, Sumenep, Sampang, Pamekasan, Tuban, Nganjuk dan Jember. Sedangkan kota yakni Surabaya dan Kota Batu.

"Bantuan sembako bagi lansia ini diharapkan dapat meringankan beban hidup para lansia di tengah wabah pandemi COVID-19 yang ada di Jatim," ungkapnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2043 seconds (0.1#10.140)