TSE Edukasi Budidaya Tanaman Cabai dan Kangkung di Kampung Getentiri Boven Digoel

Rabu, 07 September 2022 - 19:19 WIB
loading...
TSE Edukasi Budidaya Tanaman Cabai dan Kangkung di Kampung Getentiri Boven Digoel
Perwakilan perusahaan berpose bersama masyarakat setempat anak-anak Kampung Getentiri yang ikut menyambut kegiatan ini. (Ist)
A A A
BOVEN DIGOEL - Di tengah harga bahan pangan yang tidak menentu, PT Tunas Sawa Erma (PT TSE) mengajarkan budidaya tanaman cabai rawit dan kangkung kepada masyarakat Kampung Getentiri, Distrik Jair, Kabupaten Boven Digoel, Papua. Sosialisasi budidaya tanaman tersebut dilakukan di kediaman Sekondus Akean, selaku pemilik ulayat.

Dalam sosialisasinya, pihak perusahaan menjelaskan, masyarakat dapat memanfaatkan ketersediaan lahan kosong di pekarangan rumah dengan mengubahnya menjadi kebun sayur atau buah. Tanaman kangkung dan cabai dipilih sebagai materi sosialisasi budidaya karena termasuk tanaman yang mudah dalam perawatannya juga bisa ditanam di lahan yang terbatas.

Di samping untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari, alasan PT TSE dalam mendorong masyarakat untuk menanam tanaman sayuran dan buah-buahan adalah karena keberadaan kebun ini memiliki peluang ekonomis yang kelak dapat menopang sentra ekonomi masyarakat Papua secara berkelanjutan.

Selain sosialisasi budidaya sayur dan buah, PT Tunas Sawa Erma juga memberikan motivasi peluang usaha kepada masyarakat setempat. Motivasi diberikan lewat tayangan video yang menampilkan keberhasilan usaha mandiri orang asli Papua di Kampung Mindiptanah dalam mengelola usaha kebun karet yang dapat dijadikan contoh bagi masyarakat kampung Getentiri.

“Langkah perusahaan dalam mendukung usaha kebun sayur masyarakat merupakan langkah yang tepat, saya selaku perwakilan masyarakat sangat berterima kasih,” tutur Sekondus Akean, Rabu (7/9/2022).

Perwakilan perusahaan berpose bersama masyarakat setempat anak-anak Kampung Getentiri yang ikut menyambut kegiatan ini.

Rangkaian kegiatan ini dilakukan sebagai wujud kepedulian PT Tunas Sawa Erma yang disalurkan lewat program unggulan Corporate Social Contribution (CSC), yakni melaksanakan kegiatan komunikasi bulanan bersama masyarakat Papua. Kegiatan ini merupakan perwujudan dari lima pilar TSE Group, yakni memajukan perekonomian daerah.

Baca: Polda Papua Siaga Penuh setelah Penangkapan Bupati Mimika.

Kegiatan saat itu ditutup dengan makan bersama hidangan hasil dari kolaborasi demo masak antara pihak perusahaan dan mama-mama Kampung Getentiri yang bertujuan untuk menambah harmonisasi keakraban antara pihak perusahaan dan masyarakat Papua.

PT Tunas Sawa Erma merupakan bagian dari Tunas Sawa Erma (TSE) Group yang bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit di Papua, yang berkomitmen dalam penerapan tata kelola sawit berkelanjutan dan terus berinovasi untuk mengedepankan tanggung jawab lingkungan dan sosial.
(nag)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1082 seconds (10.177#12.26)