Sastro Samin Manusia Tertua Asal Blora, Tercatat Lahir Tahun 1919

Senin, 05 September 2022 - 10:35 WIB
loading...
Sastro Samin Manusia Tertua Asal Blora, Tercatat Lahir Tahun 1919
Seorang kakek di Kabupaten Blora, Sastro Samin masih sehat dan mampu bertani, meski telah berusia lebih dari 100 tahun. Foto/iNews TV/Heri Purnomo
A A A
BLORA - Tangan renta Sastro Samin masih tangkas memegang cangkul. Hanya mengenakan celana pendek warna hitam, tanpa mengenakan baju, pria lanjut usia ini masih rajin membersihkan rumput di sela-sela tanaman ketela pohon yang ditanamnya di pekarangan rumah.

Baca juga: Wanita Tertua di Dunia Ultah ke-128, Rahasia Panjang Umurnya Susu

Di biliknya yang sangat sederhana, dan hanya berdinding anyaman bambu, serta tempat tidur tanpa kasur, Sastro Samin masih jelas mengingat masa lalunya, dan bahkan masih mengenali mata uang yang diberikan kepadanya.



Warga Desa Plantungan, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah tersebut, diklaim sebagai manusia tertua. Usianya diperkirakan telah mencapai 115 tahun, meskipun di KTP miliknya tertulis kelahiran 1 Juli 1919.

Baca juga: Adopsi Anak Hasil Hubungan Gelap Oknum Polisi Berujung Jadi Tersangka, Yulis Hanya Bisa Menangis

Meski usianya telah senja, namun Sastro Samin tetap bersemangat menjalani hidup. Pengelihatan dan pendengarannya juga masih baik, sehingga sangat jelas ketika diajak berkomunikasi. Tutur bahasanya juga masih sangat fasih.

Saat ini Sastro Samin hidup sebatang kara. Dia menanam seluruh kebutuhan hidupnya di pekarangan rumah. Setiap hari dia masih memasak untuk kebutuhan makannya sehari-hari, meskipun anak-anaknya sering menyediakan makanan.

Sastro Samin Manusia Tertua Asal Blora, Tercatat Lahir Tahun 1919


Sastro Samin disebut penah memiliki lima orang istri, namun saat ini tinggal satu yang masih hidup. Istrinya tersebut, kini memilih untuk tinggal bersama keponakannya untuk memudahkan perawatan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1589 seconds (10.55#12.26)