Kisah Arya Wiraraja Adipati Madura Penasihat Raden Wijaya, Ahli Strategi di Balik Kejayaan Majapahit

Minggu, 04 September 2022 - 07:28 WIB
loading...
A A A


Dalam perjalanannya, kisruh perebutan kekuasaan di Kerajaan Singasari serta pemberontakan dari Bupati Gelang-gelang, Jayakatwang akhirnya membuat Raja Kertanegara tewas.

Kerajaan Singasari pun akhirnya tamat pada 1292 Masehi. Raden Wijaya yang merupakan menantu Raja Kertanegara kemudian dikejar-kejar Jayakatwang.

Raden Wijaya yang lari dari Singasari kemudian ditampung oleh Arya Wiraraja yang berkuasa di Sumenep, Madura. Hingga kemudian jalinan persabatan keduanya berlanjut saat mendirikan Kerajaan Majapahit.

Arya Wiraraja menampung dan melindungi sosok yang dikejar Jayakatwang karena dulu saat masih muda pernah mengabdi kepada kakek Raden Wijaya yang bernama Narasingamurti.


Dikutip dari buku "Arya Wiraraja dan Lamajang Tigang Juru: Menafsir Ulang Sejarah Majapahit Timur" karya Mansur Hidayat, Arya Wiraraja merupakan penasihat utama Wangsa Rajasa (keturunan Ken Arok-Ken Dedes) yang dipimpin oleh Raden Wijaya.

Dalam memutuskan sebagian besar kebijakannya, Raden Wijaya selalu meminta nasihat dan bantuan Arya Wiraraja.

Tercatat banyak utang budi Raden Wijaya kepada Arya Wiraraja, mulai dari membantu pelarian Raden Wijaya dari Singasari dan menampungnya di Madura Timur.

Selanjutnya permohonan pengampunan pada Raja Jayakatwang, bantuan pasukan untuk mendirikan desa Majapahit. Selain itu, penyerangan dan penghancuran Kerajaan Kediri di bawah Jayakatwang dan pengusiran tentara Mongol merupakan bukti betapa Raden Wijaya sangat tergantung kepada Arya Wiraraja

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1813 seconds (0.1#10.140)