Misteri Kerajaan Kanjuruhan, Tertua di Jatim dan Berlokasi di Malang

Sabtu, 03 September 2022 - 07:17 WIB
loading...
Misteri Kerajaan Kanjuruhan, Tertua di Jatim dan Berlokasi di Malang
Candi Badut peninggalan Kerajaan Kanjuruhan. Foto/MPI/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Singasari, dan Majapahit, begitu mentereng namanya. Menjadi kerajaan besar di Nusantara, yang wilayahnya membentang sangat luas. Namun siapa sangka, di Malang, juga terdapat kerajaan tua yang jauh lebih dahulu ada sebelum Singasari dan Majapahit.



Dalam catatan sejarah Kerajaan Kanjuruhan yang berada di Malang tersebut, usianya sama dengan Kerajaan Tarumanegara di Jawa Barat. Kerajaan kuno itu terletak di aliran Kali Metro, dan berada di lereng timur Gunung Kawi.



Bukti keberadaan adanya Kerajaan Kanjuruhan adalah ditemukannya prasasti Dinoyo tahun 682 saka, atau 760 Masehi. Prasasti Dinoyo sendiri merupakan bagian dari peninggalan Kerajaan Kanjuruhan, yang diidentifikasi berdiri pada abad 6 dan 7 Masehi.



Prasasti Dinoyo ini ditemukan tak jauh dari aliran Sungai Metro. Sementara salah satu bangunan peninggalan di masa Kanjuruhan, adalah Candi Badut yang lokasinya juga berada di aliran Sungai Metro.

Pada prasasti Dinoyo disebutkan, ada raja bernama Raja Dewasimha, kemudian setelah meninggal digantikan sang raja yang bernama Sang Liswa. Liswa inilah yang akhirnya mendapat gelar Gajayana.

Di masa kepemimpinan Gajayana, kerajaan ini mengalami masa kejayaan. Kekuasaan kerajaan meliputi lereng timur dan barat Gunung Kawi, bahkan sisi timur kekuasaannya mencapai ke area Pegunungan Tengger Semeru. Kemudian ke sisi utara hingga mencapai pesisir Laut Jawa. Sementara di wilayah selatan kekuasannya mencapai pantai selatan Pulau Jawa.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.5025 seconds (0.1#10.140)