alexametrics

Pekan Depan, Objek Wisata di KBB Boleh Terima Wisatawan Luar Jabar

loading...
Pekan Depan, Objek Wisata di KBB Boleh Terima Wisatawan Luar Jabar
Objek wisata di Lembang, KBB, mulai pekan depan sudah bisa kembali menerima wisatawan dari luar Jabar setelah aturan PSBB dicabut. Foto/Dok.SINDOnews
A+ A-
BANDUNG BARAT - Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) akhirnya memutuskan membuka keran kunjungan wisatawan dari luar Jawa Barat mulai pekan depan. Kepastian tersebut didapat setelah Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna melakukan koordinasi dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai bertemu dengan pengusaha travel dan PO Bus di Lembang.

"Saya sudah kontak Pa Gubernur (Ridwan Kamil) dan dia memberikan isyarat bahwa kunjungan wisatawan dari luar Jabar sudah bisa dilakukan mulai minggu depan," kata Bupati Bandung Barat Aa Umbara di Ngamprah, Rabu (1/7/2020).

Dia mengatakan, dengan adanya restu dari Provinsi maka Pemda KBB tinggal menyiapkan kondisi di lapangan dan sosialisasi ke pihak pengelola wisata. Alasan pihaknya mengizinkan wisatawan dari luar Jabar berkunjung ke objek wisata di KBB, seiring dengan berakhirnya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Termasuk hasil evaluasi selama sebulan dimana KBB sudah masuk zona biru. (Baca juga: Sindikat Penjual Daging Celeng untuk Warung Bakso dan RM di Jabar Terbongkar)



Pihaknya juga sudah berbincang dengan pengelola wisata dan mereka siap menerima tamu dengan protokol kesehatan. Sebenarnya jika tidak ada kejadian di Bogor, besok juga sebenarnya pengunjung dari luar Jabar sudah bisa masuk. Tapi karena ada kasus reaktif di Puncak, maka kunjungan wisatawan luar ditunda seminggu sambil dievaluasi. Waupun sebenarnya kasus COVID-19 di KBB sudah tidak ada dan secara kumulatif daerahnya sudah zona biru menuju hijau.

"Kami bersama Kapolres serta Dandim akan mengecek penerapan protokol kesehatan penerimaan wisatawan luar Jabar. Intinya kan protokol kesehatan, apalagi pembatasan kunjungan sekarang naik jadi 50% dari asalnya 30%," tegasnya. (Baca juga: Tak Ada Klaster RSGM, 5 dari 8 Nakes Unpad Negatif COVID-19)

Kapolres Cimahi AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki meminta, dengan dibolehkannya pengunjung luar Jabar untuk wisata ke wilayah KBB maka pengelola wisata harus memperketat penerapan protokol kesehatan. Jangan sampai lengah dan tetap patuhi aturan, serta menyiapkan posko petugas gabungan untuk memantau kondisi di lapangan. Ini mengingat tempat wisata menjadi salah satu area yang besar kemungkinan terjadi kerumunan orang dalam jumlah banyak.

"Protokol kesehatan harus diperketat, kalau longgar tidak akan kami izinkan wisatawan luar Jabar untuk berkunjung. Tidak menutup kemungkinan kalau banyak terjadi pelanggaran, ditutup lagi semua," ucapnya.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak