Rencana Pembuatan Patung Bung Karno di Alun-alun Indramayu Tuai Ragam Komentar dari Budayawan

Rabu, 31 Agustus 2022 - 09:27 WIB
loading...
Rencana Pembuatan Patung Bung Karno di Alun-alun Indramayu Tuai Ragam Komentar dari Budayawan
Rencana pembuatan patung Bung Karno di alun-alun Indramayu masih menuai beragam tanggapan dari budayawan.Foto/ilustrasi
A A A
INDRAMAYU - Rencana pembuatan patung Ir Soekarno atau Bung Karno di Alun-alun Indramayu menuai beragam tanggapan dari kalangan budayawan setempat.

Di antaranya dari Penasehat Dewan Kesenian Indramayu, Dartim. Dia mengatakan, pembuatan patung oleh pemerintah daerah merupakan hal bagus, karena beliau merupakan sang tokoh proklamator.

"Namun saya kurang setuju apabila pembuatan patung tersebut hanya patung Bung Karno saja," kata dia kepada MNC Portal Indonesia (MPI), saat ditemui di Museum Bandar Cimanuk, Rabu (31/8/2022).

Baca juga: Kisah Operasi Gagak Hitam, Cara Belanda Jajah Indonesia Jiplak Nazi Jerman Taklukkan Rusia

Dartim menyampaikan, dalam pembuatan patung tersebut sebaiknya turut disertakan sosok Bung Hatta. Mengingat dalam sejarahnya, Bung Karno saat berkunjung ke Indramayu tidak sendirian, melainkan juga turut ditemani oleh Bung Hatta.

Selain itu, disertakannya sosok Bung Hatta dinilai Dartim bisa menghindari adanya nuansa politis dalam pembuatan patung tokoh nasional tersebut.

"Atau lebih baik lagi, misal dibuatnya di Kecamatan Gantar atau Haurgeulis disertakan pula patung MA Sentot. Karena yang mengawal Bung Karno dan Bung Hatta ke Indramayu itu adalah MA Sentot, diantaranya saat berkunjung ke wilayah kecamatan itu," ujar Dartim.

Sementara, Ketua Yayasan Indramayu Historia Indonesia, Nang Sadewo turut menambahkan, pihaknya justru lebih setuju apabila pemerintah membuat sebuah diorama untuk sosok pemimpin pertama Indonesia, Soekarno-Hatta.

Menurutnya, Diorama sendiri adalah sajian pemandangan dalam ukuran kecil yang dilengkapi dengan patung dan perincian lingkungan seperti aslinya serta dipadukan dengan latar yang berwarna alami.

Nang Sadewo menyampaikan, dirinya mengaku memiliki banyak koleksi foto saat Soekarno-Hatta berkunjung ke Indramayu sekitar tahun 1948-1949."Sehingga pendapat saya justru lebih bagus jika dibuat diorama seperti di kota kabupaten lain," tutur dia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1511 seconds (10.55#12.26)