Pesawat Smart Aviation Tergelincir di Bandara Sinak Papua, Baling-baling Terlepas

Selasa, 30 Agustus 2022 - 18:53 WIB
loading...
Pesawat Smart Aviation Tergelincir di Bandara Sinak Papua, Baling-baling Terlepas
Pesawat Smart Aviation yang mengangkut empat penumpang mengalami kecelakaan tergelincir di Bandar Udara Sinak, Kabupaten Puncak, Papua, Selasa (30/8/2022). Foto/iNews TV/Edy Siswanto
A A A
JAYAPURA - Pesawat Smart Aviation yang mengangkut empat orang penumpang mengalami kecelakaan tergelincir di Bandar Udara Sinak, Kabupaten Puncak, Papua, Selasa (30/8/2022) sekitar pukul 13.05 WIT.

Pesawat yang dipiloti Capten Wiyoko Handoko dan Co-Pilot Kristiono awalnya terbang dari Bandara Timika menuju Sinak dengan membawa bahan bangunan dan 2 penumpang. Saat kejadian, pilot tengah berusaha mendarat pesawat di landasan Bandar Udara Sinak.



“Ketika sedang landing, tiba-tiba pesawat tergelincir keluar dari jalur bandara. Dalam kecelakaan tergelincirnya pesawat Smart Aviation tersebut tidak terdapat korban jiwa. Keempat korban hanya mengalami luka-luka dan sudah mendapat perawatan,” kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal.

Kondisi landasan yang dalam keadaan basah diduga menjadi penyebab terjadinya kecelakaan itu.

“Saat kejadian, aspal bandara basah karena hujan sehingga membuat pesawat tergelincir dan baling-balingnya terlepas,” kata Kamal.



Ketiga korban yakni Wiyoko Handoko (Kapten Pilot), Stefi Anggreini dan Apri dievakuasi kembali ke Timika menggunakan pesawat lain. Sedangkan satu korban lainnya an. Kristiono (Co-Pilot) masih diamankan di pos modern.



“Kejadian tergelincirnya pesawat Smart Aviation tidak mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Sinak. Saat ini pesawat tersebut masih berada di pinggir Bandara dan mendapat pengamanan oleh aparat keamanan,” ujarnya.

Kamal menambahkan, selama proses evakuasi para korban mendapat pengamanan oleh TNI-Polri dan Satgas Damai Cartenz. Situasi pasca kejadian aman dan kondusif.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0953 seconds (0.1#10.140)