Ini Dugaan Sementara Penyebab Ruko Ambruk di Samarinda

Selasa, 03 Juni 2014 - 21:20 WIB
Ini Dugaan Sementara Penyebab Ruko Ambruk di Samarinda
Ini Dugaan Sementara Penyebab Ruko Ambruk di Samarinda
A A A
SAMARINDA - Kepala Badan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) Kota Samarinda Dadang Airlangga menyebutkan, berdasarkan penglihatan langsung di lapangan, dugaan sementara ambruknya ruko tiga lantai di Samarinda itu dikarenakan konstruksi bangunan yang tidak sesuai dengan desain awal.

Pondasi dan peralatan penahan lantai tidak kuat menahan beban cor yang masih basah atau belum mengering, sehingga pada saat bersamaan langsung ambruk.

"Ada perbedaan yang mendasar secara kasat mata dengan desain yang seharusnya. Kami sudah melakukan pengamatan struktur konstruksi ruko tiga lantai dengan panjang 100 meter dan lebar 50 meter itu," kata Dadang kepada wartawan, Selasa (3/6/2014).

Dia menyebutkan, ada deviasi perencanaan dan pelaksanaan. Deviasi itu adalah perbedaan dilakukan kontraktor dengan memperkecil besi tulangan, mengurangi campuran semen. Pemkot Samarinda telah mengamankan desain bangunan yang didapat mereka dari pimpinan proyek ruko itu. Desain struktur bangunan nantinya akan diserahkan kepada kepolisian untuk keperluan penyelidikan.

Dadang hanya mengetahui bangunan ruko tersebut adalah milik pribadi atas nama Yulianus Ghazali. Namun dia tidak mengetahui siapa kontraktor pembangunannya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3406 seconds (0.1#10.140)