Terbesar di Indonesia, Untirta Gunakan Rooftop Solar Panel Berkapasitas 1.07 Megawatt

Sabtu, 27 Agustus 2022 - 12:12 WIB
loading...
Terbesar di Indonesia, Untirta Gunakan Rooftop Solar Panel Berkapasitas 1.07 Megawatt
Untirta gunakan rooftop solar panel. Foto: Istimewa
A A A
SERANG - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) secara resmi meluncurkan pemasangan rooftop solar panel berkapasitas 1.07 megawatt, di aula Gedung FISIP Kampus Untirta Sindangsari.

Pembangkit listrik tenaga surya yang terpasang di Gedung B Untirta Kampus Sindangsari tersebut merupakan hasil kerja sama Untirta dengan PT Agra Surya Energy, perusahaan yang bergerak di bidang pembangunan energi terbarukan, yakni Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Rektor Untirta, Prof. Ir. Dr. H. Fatah Sulaiman mengatakan, panel surya ini menjadi panel berkapasitas terbesar yang dipasang di rooftop atau puncak bangunan di Indonesia.



“Komitmen yang kuat ini seiring sejalan dengan komitmen kita bersama, yaitu terwujudnya Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang terintegrasi, smart, and green, yang unggul, berkarakter, dan berdaya saing di tingkat ASEAN tahun 2030. Secara bertahap, hari ini sebagian kecil dulu akan kami soft launching sesuai amanah Presiden Jokowi bahwa pemerintah menargetkan mengubah konservasi energi berbasis fosil menjadi energi baru terbarukan dengan target 30% secara nasional,” katanya, Sabtu (27/8/2022).

Rektor berharap, langkah Untirta dalam pemanfaatan Rooftop Solar Panel dapat menjadi acuan bagi kampus lainnya untuk turut berkontribusi dalam transisi energi baru terbarukan.

“Ini bukti komitmen Untirta menjadi role model atau kampus percontohan bagi kampus-kampus yang sustainable dari sisi penanganan efisiensi energi dan respon terhadap penanganan lingkungan,” ungkapnya.



Sementara itu, Direktur Operasi PT. Agra Surya Energy, Arya Pradipta turut berharap, pemanfaatan solar panel di Untirta mampu memberikan dampak yang baik bagi kelestarian lingkungan.

“Insyaallah PLTS ini bisa memberikan manfaat-manfaat, baik untuk efisiensi penggunaan listrik di Untirta maupun dampaknya bagi lingkungan, di mana pemanfaatan PLTS ini sejalan dengan program pemerintah yang nanti kita harapkan bisa berkontribusi menjaga lingkungan,” tukasnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1453 seconds (0.1#10.140)