Puluhan Rumah di Agam Rusak Akibat Hujan Es

Rabu, 21 Mei 2014 - 20:51 WIB
Puluhan Rumah di Agam Rusak Akibat Hujan Es
Puluhan Rumah di Agam Rusak Akibat Hujan Es
A A A
LUBUK BASUNG - Puluhan rumah di Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, Sumbar rusak tertimpa hujan es tadi sore sekitar pukul 16.00 WIB.

Menurut Kasi Pencegahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Nizbur, hujan es disertai angin kencang membuat puluhan rumah rusak di daerah Banuhampu.

"Saat ini banyak atap rumah warga yang rusak, tapi kita belum mendapatkan laporan korban jiwa, informasi yang kita dapat ada setengah jam lamanya hujan," katanya, Rabu (21/5/2014).

Petugas juga sedang bergerak ke lapangan untuk melakukan akses dan mengumpulkan data kerusakan akibat hujan es tersebut.

Kasi Observasi dan Informasi, BMKG Padang, Budiman mengatakan penyebab hujan es itu akibat terjadi penumpukan uap air di awan cumulnimbus, itu awan menjulang tinggi.

"Biasanya bagian atas awan itu menyimpan air dengan suhu mencapai minus 50 celcius, otomatis uap air tersebut menjadi es," ujarnya.

Kemudian awan besar itu dekat dengan permukaan tanah, jarak normal pemukaan tanah itu hanya 900 meter.

"Diperkirakan awannya ini lebih rendah dari normal, akibat dekatnya dengan tanah terjadi dorongan uap air bagian bawa keatas, lalu butiran es yang diatas awan tersebut terdorong ke bawah, itulah yang menyebabkan hujan es," katanya.

Sebelum terjadi hujan es menurut Budiman, pasti siang hari ada panas yang begitu menyengat, itulah tanda-tandanya.

"Lalu anggapan masyarakat soal angin puting beliung itu tidak benar, tapi itu angin dari awan itu menekan kuat ke bawah, jadi bukan angin puting beliung," ujarnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7562 seconds (0.1#10.140)