KNPI Dorong Percepatan Penanggulangan Penyebaran PMK Ternak

Senin, 22 Agustus 2022 - 18:11 WIB
loading...
KNPI Dorong Percepatan Penanggulangan Penyebaran PMK Ternak
Ketua Umum DPP KNPI, Muhammad Ryano Panjaitan saat membuka dialog Membangun Sinergi Penerapan Manajemen Krisis Untuk Mengatasi Penyebaran PMK di Pasuruan, Jatim. Foto/Ist
A A A
PASURUAN - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mendorong percepatan dalam mengatasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak di sejumlah wilayah.

Saat ini perlu ada langkah percepatan dalam penanggulangan penyebaran virus akut PMK yang menimpa hewan ternak.

Baca juga: Tekan Penyebaran PMK, Pemerintah Percepat Vaksinasi

"Agar kita dapat meminimalisir dampak krisis yang bukan saja menimpa para peternak tetapi juga menimpa masyarakat kita secara luas," kata Ketua Umum DPP KNPI, Muhammad Ryano Panjaitan saat membuka dialog Membangun Sinergi Penerapan Manajemen Krisis Untuk Mengatasi Penyebaran PMK di Pasuruan, Jawa Timur, Senin (22/8/2022).

Ryano mengaku mengapresiasi langkah pemerintah melalui satuan tugas (Satgas) yang telah bekerja keras mendatangkan dan mendistribusikan vaksin PMK di Indonesia.

Pemerintah telah mengupayakan mendatangkan 7 juta dosis vaksin untuk mengatasi persoalan PMK.

"Kami harap kebijakan tersebut dapat membantu meredam laju penularan virus PMK pada hewan ternak," ujarnya.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Tenaga Kesehatan Tangani PMK

Selain itu KNPI juga mendorong pemerintah segera melakukan langkah percepatan relaksasi kredit perbankan kepada para peternak yang terdampak PMK. Relaksasi kredit ini diharapkan tepat sasaran dan tepat waktu kepada para peternak.

"Kami juga meminta kepada pemerintah melakukan pengawasan secara ketat serta bertindak tegas terhadap pihak-pihak atau oknum yang memanfatkan situasi krisis PMK ini untuk meraup keuntungan pribadi yang merugikan para peternak," tandasnya.



Ryano menegaskan, pihaknya mengharapkan masa-masa sulit yang dialami peternak bisa segera berakhir dengan gotong-royong, kerjasama, dan kolaborasi berbagai pihak.

Pada kesempatan tersebut DPP KNPI juga turut membantu memberikan disinfektan dan eco enzyme kepada kelompok koperasi perternakan di Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.
(shf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1837 seconds (11.210#12.26)