130 Kepala Keluarga di Tanah Laut Terendam Banjir, Desa Mulai Dirikan Dapur Umum

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 21:35 WIB
loading...
130 Kepala Keluarga di Tanah Laut Terendam Banjir, Desa Mulai Dirikan Dapur Umum
Banjir merendam ratusan rumah warga di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Foto/MPI/Zulkifli Yunus
A A A
TANAH LAUT - Sebanyak 130 kepala keluarga yang bermukim di tiga RT di Desa Karangrejo, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, menjadi korban banjir. Rumah-rumah warga terendam banjir, hingga seluruh aktivitas lumpuh.

Baca juga: Banjir Lahar Dingin Semeru Terjang Jalur Alternatif, 1 Dusun Terisolasi

Banjir menerjang kawasan permukiman padat penduduk tersebut, Jumat (19/8/2022) pada pukul 10.00 Wita. Kawasan tersebut juga diguyur hujan lebat sejak pagi hari, akibatnya air langsung meluap.



Kepala Desa Karangrejo, Muhlis menyebutkan, pemukiman warganya yang terendam banjir berada di wilayah RT 15, 16 dan 17, dengan ketinggian air banjir di dalam rumah warga mencapai 40 cm.

Baca juga: Pelajar SMP Negeri 1 Beji Mesum di Ruang Kelas sambil Direkam Bikin Geger Pasuruan

Muhlis mengatakan, banjir tersebut akibat curah hujan yang tinggi pada pagi hari, ditambah dengan pasang air laut. "Selain curah hujan yang tinggi, saat ini air laut sedang pasang," katanya.

Dia menambahkan, sampai pukul 21.00 Wita, ketinggian air banjir masih bertambah. Warga berharap hujan di kawasan pegunungan segera reda, agar banjir yang menggenangi rumah-rumah warga segera surut.

Baca juga: Baru Selesai Bersetubuh dan Belum Kenakan Baju, Wanita Penghibur Bersimbah Darah Ditusuk Teman Kencan

"Kalau hujan reda di pegunungan, biasanya air banjir cepat surut bersama dengan surutnya air laut," jelas Muhlis. Untuk meringankan warga yang rumahnya terendam banjir, Pemdes Karangrejo, mulai membuka dapur umum.
(eyt)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1586 seconds (11.252#12.26)