alexametrics

Pemkot Bandung Buat Lajur Sepeda Pop Up Agar Ngegowes Aman-Nyaman

loading...
Pemkot Bandung Buat Lajur Sepeda Pop Up Agar Ngegowes Aman-Nyaman
Pesepeda di sebuah acara. Foto/SINDOnews/Dok
A+ A-
BANDUNG - Menyikapi maraknya pengguna sepeda dua bulan terakhir, Pemkot Bandung tengah menyiapkan lajurkhusus sepeda yang bersifat sementara atau pop up.

Kepala Seksi Manajemen Transportasi Dinas Perhubungan Kota Bandung Sultoni mengatakan, Pemkot Bandung hendak kembali menggalakkan pengadaan dan penggunaan lajur sepeda. (BACA JUGA:Pencurian Sepeda di Rancasari Terekam CCTV, Polisi Buru Pelaku)

Namun lajur tersebut bersifat sementara yang dibuat menggunakan cat biasa. Pengerjaan lajur sepeda dibantu oleh komunitas sepeda di Kota Bandung. (BACA JUGA:Memasuki New Normal, Sepeda Banyak Diburu Warga Cirebon)



"Jalur khusus sepeda yang bersifat sementara dibuat agar para pesepeda nyaman dan aman di jalan karena melaju di lajur yang sudah ditentukan," kata Sultoni kepada wartawan.

Saat ini, ujar Sultoni, lajur khusus sepeda pop up telah dibuat di Jalan Cipaganti dari depan Rumah Dinas Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana hingga ke Balai Kota, Jalan Wastukancana.

Lajur sepeda pop up tersebut menyambung ke lajur khusus sepeda permanen di seputaran Balai Kota Bandung. Rute lajur sepeda pop up itu, yakni dari Cipaganti ke simpang Pasteur-Cipaganti kemudian ke kanan turun Cihampelas. Dari Cihampelas ketemu Jalan Abdul Rifa'i di Situ Wastukencana terus ke Balai Kota.

"Lajur khusus sepeda pop ini sepanjang 2,5 kilometer. Ke depan, pemkot akan terus berkoordinasi dengan komunitas sepeda terkait pembuatan lajur khusus sepeda sementara," ujar dia.

Sultoni menuturkan, komunitas sepeda telah menyampaikan usulan rute lajur sepeda, antara lain Jalan Kiaracondong (dari Simpang Samsat)-Jalan Jakarta-Supratman-Gedung Sate-Dukomsel- Ir H Djuanda (Dago)-Diponegoro-Supratman-Ahmad Yani-Lingkar Selatan Jalan Laswi-Pelajar Pejuang-BKR sampai simpang Kopo. Kemudian, Jalan RE Martadinata (Riau) - Simpang BIP.
(awd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak