Permudah Klaim Asuransi Laka Lantas, Polda Jatim Luncurkan TACS

Selasa, 30 Juni 2020 - 14:15 WIB
loading...
Permudah Klaim Asuransi Laka Lantas, Polda Jatim Luncurkan TACS
Kapolda Jatim, Irjen Pol. M. Fadil Imran didampingi Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, dan Pangdam V/Brawijaya Mayjend TNI Widodo Iryansyah saat meluncurkan TACS. Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Ditlantas Polda Jatim resmi meluncurkan aplikasi berbasis web bernama Traffic Accident Claim System (TACS). Aplikasi ini akan memutus birokrasi berbelit saat korban kecelakaan melakukan klaim asuransi. Sehingga, penanganan korban kecelakaan bisa lebih cepat.

(Baca juga: Pelaku Pembakaran Mobil Mewah Via Vallen Pura-pura Gila )

Peluncuran TACS ini merupakan hadiah dari Polda Jatim pada masyarakat, untuk menyambut Hari Bhayangkara ke-74. Peluncuran pun dilakukan oleh Kapolda Jatim Irjen M Fadil Imran didampingi Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, dan Pangdam V/Brawijaya Mayjend TNI Widodo Iryansyah.

Dalam sambutannya, Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi inovasi dari Polda Jatim. Menurutnya, inovasi ini merupakan sinergitas dari empat hal penting. Pertama ada sistemisasi dalam Polri yang protomoter. Kedua, persiapan menuju normal baru. Ketiga, penguatan kebutuhan Indonesia menuju era 4.0, dan bagaimana memberikan kecepatan. Keempat, ketepatan dan percepatan layanan pada masyarakat.

"Empat hal ini menjadi inovasi untuk kita terus bergerak progresif dan manfaatnya besar. Bukan bagi masyarakat saja tapi bagi bangsa dan Indonesia," kata Khofifah di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Selasa (30/6/2020).

(Baca juga: Ajaib 35 Ibu Hamil Positif COVID-19 Bayinya Dilahirkan Negatif )

Selain itu, orang nomor satu di Jatim itu mengatakan, inovasi ini seiring dengan program Pemprov Jatim yang CETTAR (Cepat, Efektif, Tanggap, Transparansi, dan Responsif). Khofifah ingin program TACS ini bisa menggandeng lebih banyak rumah sakit hingga puskesmas agar menjangkau masyarakat lebih luas.

"Artinya bahwa CETTAR yang menjadi tagline kerja kami di pemprov. Kami mendapatkan energi luar biasa dari diluncurkannya TACS. Di semua lini, ini sesuatu yang diharapkan masyarakat. Hari ini di tengah pandemi COVID-19 ada pikiran out of the box yang muncul. Pikiran out of the box ini muncul dari Dirlantas Polda Jatim," imbuh Khofifah.

(Baca juga: Curhat Anak Yatim Piatu di Medan Viral, Rumahnya Dirusak Bandar Sabu )

Sementara itu, M. Fadil Imran mengatakan, TACS sudah melakukan kerjasama dengan 139 rumah sakit di Jatim. Fadil menyebut korban laka lantas bisa dipermudah klaim asuransi Jasa Raharja hingga BPJS.

"Di Jatim ada 139 rumah sakit. Ke depan puskesmas yang bisa melakukan rawat inap bisa melakukan sistem ini. Aplikasi ini memudahkan masyarakat korban lantas mendapatkan klaim asuransi Jasa Raharja yang tercover BPJS agar mendapatkan layanan kesehatan," papar Fadil.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2527 seconds (0.1#10.140)