Tak Kuat Nanjak, Bus Pariwisata Angkut Rombongan Siswa MTs Terguling di Malang

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 21:12 WIB
loading...
Tak Kuat Nanjak, Bus Pariwisata Angkut Rombongan Siswa MTs Terguling di Malang
Kecelakaan tunggal menimpa bus pariwisata yang mengangkut rombongan siswa MTs di Malang, Jawa Timur, Sabtu (13/8/2022). Akibat tak kuat nanjak, bus melorot dan terguling. Foto/MPI/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Kecelakaan tunggal menimpa bus pariwisata yang mengangkut rombongan siswa MTs di Malang, Jawa Timur, Sabtu (13/8/2022). Akibat tak kuat nanjak, bus melorot dan terguling saat menuju tempat wisata Umbulan Tanaka. Sejumlah siswa terluka dalam kecelakaan ini.

Bus yang terguling mengangkut rombongan sekolah dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) Annur Sawahan, Desa Sawahan, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.



Rombongan hendak menuju Wisata Umbulan Tanaka, yang ada di Desa Bangelan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang.

Nahas saat bus melintasi jalanan menanjak yang ada di Desa Plandi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, Sabtu siang (13/8/2022), bus tak kuat menanjak hingga akhirnya mundur dan terguling.

Bus masuk ke pekarangan kebun warga yang ada di samping jalan. Tercatat dari 31 penumpang yang berada dalam bus malang itu, terdiri dari 28 siswa, 2 orang guru dan satu pengemudi.

Seorang siswi atas Karomatun Nisa yang mengalami terkilir di pinggangnya dan dievakuasi ke Puskesmas Ngajum.



"Satu siswa lainnya atas nama Billy megalami luka lecet karena terkena pecahan kaca. Penumpang lainnya selamat," ungkap Kapolsek Wonosari, Iptu Anwari Sidiq saat ditemui wartawan, Sabtu (13/8/2022).

Sidiq menceritakan peristiwa itu terjadi diduga karena pengemudi, Fathur tidak mampu menguasai kemudi saat bus menanjak tajam dan curam.

"Sehingga saat digas, bukannya menanjak tapi justru mundur," jelasnya.



Sedianya dikatakan Fathur, bus itu melaju dari arah Malang menuju Taman Wisata Umbulan Tanaka yang ada di Desa Bangelan, Kecamatan Wonosari untuk tujuan berwisata.

"Kebetulan selain curam, kondisi jalan juga licin akibat hujan. ," jelasnya.

Alhasil, bus dengan nomor polisi W 7088 Y itu terguling ke kebun di samping jalan dengan kedalaman sekitar 3 meter. "Besok bus akan dievakuasi dengan alat berat," tuturnya.

Sementara itu, salah satu guru pendamping rombongan, Imam Mahalli mengatakan, rombongan itu rencana akan berwisata ke taman wisata Umbulan Tanaka, Desa Bangelan, Kecamatan Wonosari.

"Ini agenda kelas IX C MTs Annur Sawahan, Kecamatan Turen," tuturnya.

Sebelumnya, menurut Imam tujuan rencana wisata itu adalah taman pemandian Sumbermaron, Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran.

"Namun, di tengah jalan kami merubah rencana ke taman wisata Umbulan Tanaka. Rombongan hanya satu bus saja. Tapi belum sampai ke tujuan sudah mengalami kecelakaan," pungkasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1458 seconds (0.1#10.140)