2.400 Buku Bacaan Dikirim ke Natuna untuk Peningkatan Literasi

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 16:55 WIB
loading...
2.400 Buku Bacaan Dikirim ke Natuna untuk Peningkatan Literasi
Bupati Natuna, Wan Siswandi menerima bantuan buku bacaan dari Badan Bahasa, yang diangkut menggunakan pesawat C130 Hercules TNI AU. Foto/iNews TV/Alfie Al Rasyid
A A A
NATUNA - Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemenristek Dikti, menyalurkan sebanyak 2.400 buku bacaan ke Kabupaten Natuna. Buku-buku untuk peningkatan literasi masyarakat itu, diangkut menggunakan pesawat C130 Hercules TNI AU.



Bupati Natuna, Wan Siswandi mengatakan, seluruh buku bacaan ini akan didistribusikan di Perpustakaan Daerah, Kecamatan, dan Taman Bacaan Masyarakat yang ada di Kabupaten Natuna, untuk meningkatkan literasi masyarakat.



Buku-buku bacaan ini, dapat digunakan untuk tingkat pembaca PAUD hingga SMA. " Buku ini disebar ke Perpustakaan Daerah, Kecamatan, serta Taman Bacaan yang ada di Lanud Raden Sadjad," ujarnya.



Lebih lanjut Wan Siswandi mengatakan, buku-buku ini merupakan hasil program kerjasama pemerintah dengan para donatur atau lembaga bahasa. Nantinya, Kabupaten Natuna akan mendapat kiriman buku bacaan lagi dalam waktu dekat.

Tujuan program kerjasama bantuan buku bacaan ini, untuk meningkatkan literasi masyarakat Kabupaten Natuna. Masyarakat bisa meminjam buku bacaan ini di Perpustakaan Daerah atau Taman Bacaan.

" Buku bacaan ini aset permanen perpustakaan atau milik negara. Nanti masyarakat pinjam. Ada buku sejarah, cerita anak-anak. Nanti kita bongkar dahulu dan beri indeks," kata Wan Siswandi.



Danlanud Raden Sadjad, Kolonel Pnb. Jajang Setiawan mengatakan, pihaknya mendukung gerakan peningkatan literasi masyarakat Kabupaten Natuna. Ada 2.400 buku pelajaran yang diterima Pemerintah Kabupaten Natuna, pada tahap awal. Seluruh buku dikirim menggunakan pesawat C130 Hercules TNI AU.

"Bupati menyampaikan ke kami akan ada rencana pergeseran buku dari donatur atau lembaga bahasa. Kami sudah sampaikan ke Pangkoopsau I untuk mendukung program ini," kata Jajang Setiawan.



Lanud Raden Sadjad akan membantu Pemkab Natuna, untuk mendistribusikan buku-buku bantuan ini. Bahkan pihaknya akan mengerahkan Bintara Pembinaan Potensi Kedirgantaraan (Binpotdirga), agar pendistribusian buku bantuan ini lancar hingga ke anak-anak yang berada di daerah pulau terluar.

"Kami terus membantu Pemkab Natuna, untuk mendistribusikan buku bacaan melalui Binpotdirga kepada seluruh anak yang ada di Natuna, melalui transportasi laut yang ada," pungkasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3122 seconds (0.1#10.140)