Serem! 3 Kisah Mistis di Istana Kepresidenan Indonesia, Dari Bogor hingga Jakarta

Rabu, 10 Agustus 2022 - 16:50 WIB
loading...
Serem! 3 Kisah Mistis di Istana Kepresidenan Indonesia, Dari Bogor hingga Jakarta
Sedikitnya ada tiga kisah mistis di Istana Kepresidenan Indonesia yang bisa diketahui. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tiga kisah mistis di Istana Kepresidenan Indonesia yang bisa diketahui. Selain menjadi tempat tinggal Presiden , Istana juga digunakan untuk penjamuan tamu negara dan tempat diadakannya agenda politik.

Namun di balik bangunan yang multifungsi itu terdapat pula kisah-kisah mistis yang ada di bangunan megah ini. Banyak yang percaya bahwa di Istana Kepresidenan Indonesia memiliki penunggu berupa makhluk halus .

Baca juga : Kisah Bung Karno Tinggalkan Istana Negara hanya Berpiyama dan Pesan Keras untuk Anak-anaknya

Berikut tiga kisah mistis di Istana Kepresidenan seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. Kisah Mistis di Istana Negara Bogor

Dikisahkan terdapat beberapa peserta penataran yang datang ke Istana ini. Beberapa diantaranya cukup usil dengan meletakkan bulu wol rontokan karpet di bagian kemaluan patung perunggu berwujud wanita tanpa busana.

Esok harinya dia terkejut mengetahui bulu wol yang sebelumnya digunakan berada di saku celananya. Lantaran menduga ada yang menjahilinya diapun mengatakan hal-hal yang seharusnya tidak diucapkan.

Kemudian pada saat makan dia tersedak hingga batuk-batuk tanpa sebab yang jelas. Setelah ditelusuri ternyata bulu wol tersebutlah yang membuatnya tersedak.

Bukannya jera, dia justru menantang siapa pun yang mengganggunya. Hingga pada malam datang, dia berteriak ketakutan dan mengaku hendak diterkam makhluk yang sangat mengerikan.

Ibu Hartini Soekarno dahulu juga sempat mengatakan bahwa di Istana Bogor itu memiliki penghuni. Beliau pernah menyaksikan ada tamu tak kasat mata saat memasuki ruang Presiden.

2. Kisah Mistis Istana Negara Cipanas

Istana Kepresidenan yang terletak di kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, kaki Gunung Gede, Jawa Barat ini juga memiliki kisah mistis tersendiri.

Dahulu terdapat seorang paranormal yang dimintai tolong oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) karena sering mendapat gangguan makhluk halus.

Setelah melakukan penerawangan, paranormal tersebut menganggap bahwa makhluk tersebut berasal dari kekuatan kitab stambul yang acap kali berpindah secara ghaib di seputaran istana.

Tidak hanya itu, pada saat-saat tertentu kerap terdengar suara prajurit yang sedang berbaris di malam hari.

Baca juga : Kisah Mistis Bung Karno, Mendung Menghampiri Setiap Kali ke Bali

3. Kisah Mistis Istana Negara Jakarta

Kisah di Istana Kepresidenan Jakarta ini dialami oleh Putri Alm. KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Dia sering mendapati kejadian aneh mulai dari TV yang mati hidup sendiri hingga mendengar suara aneh.

Sempat dikisahkan juga, setelah turunnya Presiden Soeharto, Gus Dur harus membersihkan makhluk halus yang masih berada di tempat itu.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga sempat mengalaminya. Pada saat itu beliau hendak menandatangani dokumen pengangkatan Albert Hasibuan sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden untuk bidang HAM menggantikan Jimly Assidiqie.

Tiba-tiba meja marmer yang dijadikan alasnya pecah dan membuat seisi ruangan terkejut. Hal ini tidaklah masuk akal karena tidak terkena pukulan benda keras. Sifat marmer sendiri dimana semakin tua maka akan semakin kokoh.

Kisah selanjutnya datang dari mantan ajudan Presiden Gus Dur kala itu, Priyo Sambadha. Dia sempat menuliskan kisahnya ini di akun twitter pribadinya @PSambadha pada 11 Desember 2021 lalu.

Pada era kepemimpinan Gus Dur, Priyo diberikan satu kamar di wisma negara yang terletak di antara Istana Merdeka dan Istana Negara. Ketika tinggal di situ dia sempat mendengar berbagai kisah mistis dari para pegawai Istana.

Malam itu ketika Priyo hendak kembali ke kamarnya di lantai 3 menggunakan lift, dia justru dibawa ke lantai paling atas yaitu lantai enam berupa aula.

Dalam aula tersebut dia sekilas menyaksikan seorang wanita yang duduk sendirian sembari menangis. Perempuan itu menggunakan rok indah berenda dengan rambut pirang yang terkepang rapi menurutnya.

Kejadian mistis juga sempat dialami Priyo di kamarnya. Dia kerap mendengar sayup-sayup suara piano ditambah keramaian orang seperti sedang berpesta.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6784 seconds (0.1#10.140)