Vaksin PMK untuk Ternak di Kabupaten Luwu Mulai Digalakan

Selasa, 09 Agustus 2022 - 16:34 WIB
loading...
Vaksin PMK untuk Ternak di Kabupaten Luwu Mulai Digalakan
Tim dokter hewan saat melakukan vaksinasi PMK terhadap sejumlah hewan ternak di Kecamatan Bastem Utara, diantaranya Desa Tede Kabupaten Luwu, Selasa, (09/08/2022). Foto: Sindonews/Chaeruddin
A A A
LUWU - Dinas Pertanian dan Peternakan di bawah pengawasan Polres Luwu dan Kodim 1403 Palopo, mulai menggalakan pemberian vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) untuk ternak di wilayah tersebut.

Pemberian vaksin PMK kepada ternak di Kabupaten Luwu langsung dilakukan oleh dokter hewan Dinas Pertanian dan Peternakan dibantu Babinsa dan Babinkantibmas setempat.

Baca Juga: Tingkat Pengangguran Terbuka Luwu Utara Terendah di Tana Luwu

Vaksin PMK Rabu (10/8/2022) dipusatkan di Kecamatan Bastem Utara, diantaranya Desa Tede. Tercatat 23 ekor kerbau dan 77 ekor sapi berhasil diberikan vaksin.

Masrullah petugas Dinas Pertanian dan Peternakan menyampaikan vaksin PMK wajib diberikan meski hewan tersebut tidak terserang Penyakit Mulut dan Kuku .

"Vaksin ini kita galakan beberapa waktu ke depan. Target kami tentunya seluruh hewan di Luwu bisa divaksin PMK sehingga kehawatiran akan dampak PMK ini tidak terjadi," ucap Masrullah

Meski tidak menyebut jumlah, Masrullah, menerangkan sudah banyak hewan di Luwu yang diduga sudah terjangkit PMK. "Olehnya itu, perintah bapak Bupati Luwu, untuk segera melakukan antisipasi. Hari ini kami bersama aparat TNI dan Polres Luwu," ujarnya.

Mayoritas warga yang memiliki hewan ternak sangat antusias dan mendukung kegiatan vaksinasi ini.

Beberapa dari mereka tanpa melakukan penolakan langsung mengantarkan tim dokter hewan menuju lokasi kandang hewan ternaknya untuk dilakukan vaksin.

Kasubsi Penmas Polres Luwu Aipda Roma Rombe, mengatakan, pemberian vaksin PMK hewan ternak sangat penting dilakukan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1251 seconds (10.55#12.26)