Pelaku IKM Dapat Penghargaan Upakarti, Dewi Motik: Ini Bisa Memberi Motivasi

Selasa, 09 Agustus 2022 - 00:40 WIB
loading...
A A A
Pangansari, lanjutnya, memulai dengan langkah memberikan edukasi secara komperehensif kepada pelalu IKM, khususnya dengan mengoptimalkan hasil alam berupa sayuran, buah buahan, ikan termasuk melibatkan ahli pertanian dan perikanan.

Kepada para produsen tahu di Jakarta, lanjut Taryono, pihaknya banyak memberikan pengarahan mengenai hygiene dan sanitasi pada saat proses pengolahan. Mulai dari pemakaian bahan baku, proses pengolahan, packing dan distribusi. "Berkat pembinaan Pangansari, omset IKM tersebut meningkat pesat sampai 500 persen," pungkasnya.

Siti Saharia Mahindar, Penerima Penghagaan Upakarti Jasa Pengabdian juga berharap agar pelaku IKM terus berinovasi. “Yang penting ada niat, ada skil, ada modal, ada pasar dan tidak gengsi,”ujarnya.

Siti mengatakan, selama ini dirinya fokus membantu memperkuat ekonomi warga korban erupsi Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Ada sekitar 2.000 kepala keluarga yang dia bantu dengan mendirikan IKM yang bergerak di sektor pangan olahan.

Siti mengapresiasi panitia Upakarti karena telah memilihnya untuk menerima penghargaan Upakarti 2022. "Semoga berharap penghargaan ini memberi motivasi bagi pekerja di IKM-nya serta seluruh IKM di tanah air," harap Siti.
(don)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6093 seconds (0.1#10.140)