Petugas PLN Gadungan Curi HP di Limbangan Garut, Aksinya Terekam CCTV

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 16:29 WIB
loading...
Petugas PLN Gadungan Curi HP di Limbangan Garut, Aksinya Terekam CCTV
Orang yang diduga menjadi pelaku pencurian dengan modus pura-pura mengecek listrik di rumah warga terekam CCTV.(Ist)
A A A
GARUT - Orang yang diduga menjadi pelaku pencurian dengan modus pura-pura mengecek listrik di rumah warga terekam CCTV.

Dalam video singkat itu, pelaku terlihat mengendarai motor matik Yamaha Fino melintasi jalan permukiman di Kampung Lio Barat, Desa Limbangan Barat, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut.

Ajat, warga Kampung Lio Barat pemilik CCTV, menuturkan dirinya langsung melakukan pengecekan DVR (Digital Video Recorder) dari kamera CCTV yang terpasang di depan rumahnya. Menurut Ajat, pria tersebut terekam usai berhasil menggasak tiga handphone warga yang masih satu kampung dengannya.

"Orang yang diduga pelaku ini terekam saat ia meninggalkan lokasi rumah tempat pencurian terjadi. Awalnya saya penasaran apakah terekam atau tidak," tutur Ajat, Jumat (5/8/2022).

Pria terduga pelaku ini, tampak memacu motor matiknya dengan kecepatan tinggi. Sementara itu, Enung, warga Kampung Lio Barat RT03 RW06 yang menjadi korban pencurian, menuturkan bahwa aksi tersebut rupanya bukan kali terjadi.

"Teman-teman saya juga pernah mengabari, bahwa aksi pencurian dengan modus mengecek listrik pernah terjadi juga di daerah lain di Kecamatan Limbangan," kata Enung.

Dia meyakini tiga handphonenya raib setelah orang itu memasuki rumah untuk mengecek listrik. "Semuanya hilang dan tidak aktif saat dihubungi," ujarnya.

Akibat aksi petugas gadungan itu, Enung mengaku mengalami kerugian materi sebesar Rp5 juta. "Dihitung-hitung Rp5 juta, karena yang hilang HP suami Rp2 juta dan dua HP lagi Rp1,5 jutaan," sebutnya.

Seperti diketahui, aksi pencurian ini terjadi saat aliran listrik di permukiman warga tersebut mati. Pelaku yang diduga menjadi petugas gadungan itu memeriksa kondisi listrik, ketika tak ada orang dewasa di dalam rumah.

Berdasarkan penuturan warga, pelaku ini memiliki ciri Mengendarai motor matik Yamaha Fino, memakai jaket Levi's, celana jeans biru, dan memakai masker sehingga wajahnya tak tampak jelas. Aksi pencurian modus ini terjadi pada Jumat siang sekira pukul 11.00 WIB.
(nag)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1945 seconds (11.210#12.26)