Tahu Gejrot, Jajan Khas Cirebon yang Pedasnya Menyegarkan

loading...
Tahu Gejrot, Jajan Khas Cirebon yang Pedasnya Menyegarkan
Tahu Gejrot, jajanan khas Cirebon berbahan dasar tahu. Foto/iNews TV/Miftahudin
A+ A-
CIREBON - Bagi anda pencinta kuliner, mungkin tidak asing lagi terhadap makanan yang satu ini. Tahu Gejrot namanya, jajanan khas Cirebon ini berbahan dasar tahu. Pada dasarnya, pembuatan makanan sederhana ini tergolong sangat mudah dan tidak banyak memakan banyak waktu.

(Baca juga: Dari Ketinggian 6000 Kaki, Prajurit Marinir Menyerbu Situbondo)

Selain tahu, untuk penyajian satu porsi tahu gejrot terdiri dari, kuah air yang terbuat dari campuran gula asem dan kecap serta garam. Agar sensasi pedasnya terasa, kemudian ditambah dengan bawang merah dan putih, serta cabai yang diulek hingga halus.



Ulekan yang sudah tercampur, kemudian di siram air yang sudah tercampur dengan gula asem kecap, kemudian dituangkan diatas tahu yang sudah di potong potong.

(Baca juga: Tusuk Korbannya 4 Kali, 2 Perampok Tak Berkutik Dibekuk Polisi)

Untuk menjumpai tahu gejrot di cirebon, tidaklah sulit. Disetiap sudut kota, mudah untuk menemui makanan rakyat ini. Untuk setiap porsinya, biasanya dipatok sekitar Rp5.000-10.000/porsi.



"Saya sudah rutin menyantap tahu gejrot, terutama saat siang hari, pedasnya bikin seger," ucap Novita Sari salah satu penikmat tahu gejrot. (Baca juga: Aparat Gabungan Buru Bandar Pembalakan Liar di Hutan Kalimantan)

Sementara itu, pedagang tahu gejrot Mang Babeh yang biasa mangkal di depan pasar Balong Kota Cirebon mengaku, setiap harinya bahan baku tahu diambil dari kawasan Sindang Laut. "Alhamdulillah makanan khas cirebon ini banyak disukai warga, terutama mereka dari luar kota," ujarnya.
(eyt)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak