Bawaslu Sulsel Sosialisasi Pengawasan Pemilu ke Penyandang Disabilitas

Selasa, 26 Juli 2022 - 19:33 WIB
loading...
Bawaslu Sulsel Sosialisasi Pengawasan Pemilu ke Penyandang Disabilitas
Suasana sosialisasi pengawan partisipatif bagi penyandang disabilitas yang digelar Bawaslu Sulsel, Selasa (26/7/2022). Foto: Humas Bawaslu Sulsel
A A A
MAKASSAR - Bawaslu Sulsel menggelar sosialisasi penguatan pengawasan pemilu bagi penyandang disabilitas di Hotel Romedo, Kota Makassar, Selasa (26/7/2022).

Sosialisasi dibuka Ketua Bawaslu Sulsel, HL Arumahi, dihadiri anggota KPU Sulsel, Misna Misna M Attas dan Ketua PPDI Sulsel, Bambang Permadi sebagai narasumber. Ada 30 orang peserta penyandang disabilitas yang hadir.

Baca juga:Bawaslu Sulsel Ingatkan Pentingnya Pelibatan Masyarakat dalam Tahapan Pemilu

“Saudara-saudara memiliki hak suara yang sama. Kami sebagai penyelenggara punya kewajiban untuk menfasilitasi penyaluran hak-hak tersebut," kata Ketua Bawaslu Sulsel , HL Arumahi dalam sambutannya, seperti dalam siaran pers yang diterima SINDOnews.

Selain untuk memberikan pemahaman kepemiluan kepada penyandang disabilitas dan memberikan akses partisipasi dalam menggunakan hak pilihnya, kegiatan ini juga sebagai upaya identifikasi permasalahan bagi penyandang difabel dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Saudara-saudara juga boleh ikut terlibat menjadi pemantau Pemilu. Sebentar juga kita akan tandatangani MoU bersama PPDI Sulsel,” tambah Arumahi.

Baca juga:Bawaslu Ingatkan KPU Soal Keanggotaan Parpol Ganda

Dia menyebut, setidaknya ada sebanyak dua jutalebih pemilih yang terdata difabel tersebar di seluruh Indonesia. "Di Sulsel tahun 2019 itu, kalau tidak salah ada dua puluh tujuh ratusan sekian untuk data pemilih difabel," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Sulsel, Bambang Permadi mengungkapkan potensi pemilih dengan difabel sangat besar untuk wilayah Sulsel.

Baca juga:Buka Rakor Bawaslu Sulsel, Wabup Selayar Ajak Semua Pihak Sukseskan Pemilu 2024

"Data yang disebutkan tadi, saya kira itu masih belum menjangkau keseluruhan pemilih dengan difabel. Ada banyak pekerjaan yang bisa kita selesaikan bersama-sama terkait dengan pemenuhan hak-hak disabilitas dalam Pemilu 2024 mendatang," tegasnya.

Kegiatan ini dihadiri juga Kepala Sekretariat Bawaslu Sulsel Jalaludin didampingi Kepala Bagian Pengawasan Nur Awan Datu.
(luq)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2371 seconds (10.101#12.26)