Putus Rantai Kemiskinan, Ganjar Siapkan SDM Unggul Melalui Pendidikan Gratis

Senin, 25 Juli 2022 - 11:42 WIB
loading...
Putus Rantai Kemiskinan, Ganjar Siapkan SDM Unggul Melalui Pendidikan Gratis
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau SMK Negeri di Purbalingga, Senin (25/7/2022). Dengan pendidikan berkualitas, diharapkan para siswa bisa mengangkat ekonomi keluarganya. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
PURBALINGGA - Setiap anak bangsa berhak mendapatkan pendidikan setara. Termasuk anak dari keluarga kurang mampu. Sejalan dengan itu, pengentasan kemiskinan juga bisa dipercepat melalui adanya sekolah gratis .

Seperti yang digagas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan mendirikan SMK Negeri di sejumlah daerah, salah satunya yang berada di Purbalingga. "Saya hanya ingin memberikan lebih banyak akses anak-anak untuk bisa mendapatkan sekolah yang baik dan tidak berbayar. Maka kita desain seperti itu mereka syaratnya harus dari keluarga tidak mampu" kata Ganjar usai dalam kunjungannya, Senin (25/7/2022).

Ganjar menjelaskan, SMK Negeri Jawa Tengah ditujukan untuk menciptakan SDM berkualitas dan terampil. Jurusan yang disediakan antara lain teknik pengelasan, teknik permesinan hingga teknik elektronika industri.

"Dalam konteks penanggulangan kemiskinan investasi SDM ini tidak murah tidak mudah, tapi punya nilai tinggi karena mereka sangat kompetitif, disiplinnya relatif tinggi," ujarnya.

Selain SDM yang terampil, Ganjar menyampaikan lulusan SMK Negeri Jawa Tengah diharapkan juga memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi. Baik dalam dunia sekolah, dunia kerja maupun lingkungan sosial.

Para siswa yang bersekolah di sini memiliki kamar sendiri di asrama yang telah disediakan. Aktivitas sehari-hari mereka pun dibiasakan dengan melakukannya sendiri dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Ganjar berharap, dengan keterampilan dan kesiapan para siswa ketika memasuki dunia kerja nantinya bisa ikut mengangkat taraf hidup keluarga. Dengan demikian, kemiskinan juga ikut teratasi.

"Rata-rata ketika mereka lulus sudah punya cita-cita. Kita berharap anak-anak ini minimal menyelamatkan diri dan bisa bantu keluarga," ungkap Ganjar.

Ersa, salah satu siswi kelas 12 SMK Negeri Jawa Tengah asal Kabupaten Rembang mengaku sangat beruntung bisa menempuh pendidikan tanpa dipungut biaya. Siswi yang bercita-cita sebagai guru ini berujar, pendidikan gratis seperti yang digagas Ganjar melalui SMK Negeri Jawa Tengah harus diperbanyak lagi di setiap daerah, sehingga kesetaraan pendidikan bisa tercipta.

"Sekolah ini sangat bermanfaat bagi anak-anak yang terhalang oleh biaya dan bisa menjadi pemutus mata rantai anak-anak yang kurang mampu melanjutkan sekolah," kata Ersa.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2529 seconds (0.1#10.140)