Bupati Gunungkidul Buka Orientasi Pengurus DPP KNPI, Ini Pesannya

Senin, 25 Juli 2022 - 11:40 WIB
loading...
Bupati Gunungkidul Buka Orientasi Pengurus DPP KNPI, Ini Pesannya
Bupati Gunungkidul, Sunaryanta membuka orientasi pengurus DPP KNPI di Taman Budaya Gunungkidul, Wonosari, DIY. Foto/Ist
A A A
GUNUNGKIDUL - Bupati Gunungkidul, Sunaryanta membuka orientasi pengurus DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di Taman Budaya Gunungkidul, Wonosari, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Minggu (24/7/2022). Orientasi digelar pasca pelantikan di Titik Nol Jogja.

“Selamat datang pengurus DPP KNPI di Gunungkidul. Saya sangat bangga dan merasa terhormat Gunungkidul dapat dipilih sebagai tempat orientasi DPP KNPI pimpinan Bang Haris Pertama,” kata Sunaryanta.

Baca juga: KNPI Gelar Pelantikan Pengurus di Titik Nol Jogja, Ini Alasannya

Sementara itu Haris memaparkan beberapa tujuan pelaksanaan orientasi pengurus. “Tentunya kita perlu mengkonsolidasikan kekutan pemuda untuk menuju Indonesia emas dengan membangun soliditas dan kompetensi pemuda yang unggul,” katanya.

Haris menekankan pentingnya partisipasi pemuda dalam mengawal pesta demokrasi Pemilu 2024. “Kedua, mempersiapkan diri menyongsong Pemilu serentak 2024. Agar pada pemilu serentak kedepan tidak bertambah perpecahan seperti tahun 2019 meskipun tidak terlalu fatal,” kata Haris.

Ia melanjutkan pentingnya peran pemuda dalam menjaga persatuan dan kesatuan dalam momen pesta demokrasi mendatang.

“Pada pesta demokrasi 2024 nanti, jangan sampai bertambah parah polarisasi yang terjadi di masyarakat, maka kita pemuda harus berperan aktif menjaga persatuan dan kesatuan. Jangan sampai polarisasi yang diciptakan kelompok oknum tertentu dapat memperkeruh konflik horizontal di masyarakat hanya demi kemenangan di Pemilu,” tegasnya.

Baca juga: Kapolda Jambi Mendadak Datangi Rumah Sakit dan Makam Brigadir J Jelang Autopsi, Ada Apa?

Haris dengan tegas menolak adanya poltik identitas dalam kancah politik apapun. “Politik identitas merupakan awal terjadinya perpecahan terhadap sebuah bangsa dan negara. Indonesia ini memiliki banyak suku, Ras, Agama, Adat istiadat, budaya. Terlebih lagi suasana jelang Politik 2024 sudah mulai terasa panasnya di 2022 ini”, kata Haris.

Lebih lanjut komitmen melawan oknum pemecah belah bangsa sudah dibuktikan sejak periode pertama memimpin DPP KNPI.

"KNPI tidak hanya sebagai garda terdepan mencegah perpecahan tapi sudah kita kerjakan sejak periode pertama saya. Komitmen KNPI jelas dan tegas kepada siapapun yang berupaya memecah persatuan termasuk para buzzer yang menyebar informasi hoaks," jelas Haris.

Diharapkan dalam orientasi pengurus KNPI, para pengurus dapat memberikan manfaat konkret untuk rakyat Indonesia.

“Harapannya agar pengurus dapat merapatkan barisan untuk melaksanakan program kegiatan konkret dalam memberikan manfaat kepada masyarakat luas di tengah dampak pandemi COVID-19 yang berakibat pada ekonomi masyarakat,” tandasnya.
(shf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1506 seconds (11.210#12.26)