KNPI Gelar Pelantikan Pengurus di Titik Nol Jogja, Ini Alasannya

Minggu, 24 Juli 2022 - 21:11 WIB
loading...
KNPI Gelar Pelantikan Pengurus di Titik Nol Jogja, Ini Alasannya
KNPI Gelar Pelantikan Pengurus di Titik Nol Jogja, Ini Alasannya
A A A
JOGJA - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) menggelar pelantikan Dewan Pengurus Pusat (DPP) KNPI di Monumen Serangan Umum 1 Maret atau kawasan Titik Nol Jogja, DIY, Sabtu (23/7/2022) malam.

Dalam pelantikan pengurus DPP KNPI versi Haris Pertama yang mengusung tema KNPI untuk rakyat Indonesia ini juga digelar pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Anom Suroto dan pentas tarian kolosal budaya Nusantara.

Baca juga: MUI Minta KNPI Ikut Jaga Persatuan Bangsa

Haris Pertama mengatakan ada makna yang tersimpan dibalik penyelenggaraan pelantikan yang digelar di Monumen Serangan Umum 1 Maret.

Menurutnya lokasi itu merupakan tempat keramat yang bisa menginspirasi semangat kaum muda.

"Kami memilih Jogja terutama di Monumen Serangan umum 1 Maret ini sekaligus ingin mengingatkan kepada oligarki, akan ada perlawanan kaum muda sebagai agent control of change dan partner kritis pemerintah dalam mengawal pembangunan nasional,kepada para mafia agar siap-siap bahwa pemuda Indonesia," kata Haris dalam keterangan resminya, Minggu (24/7/2022).

Dia menekankan jargon energy of harmony sebagai motto KNPI dengan bermetamorfosa menjadi synergy of harmony dalam semangat persatuan pemuda Indonesia.

Baca juga: Teror KKB Kian Brutal dan Tak Manusiawi, Tokoh Adat Papua: Itu Bermotif Ekonomi

"Rasa persatuan dan kesatuan harus tetap tumbuh dalam setiap sanubari pemuda dengan semangat sinergisitas melalui jargon energy of harmony," katanya.

Lebih lanjut, Haris menerangkan bahwa seluruh pengurus KNPI siap menjadi garda terdepan dalam upaya mencegah perlawanan isu SARA dan rasisme.

"Isu SARA dan rasisme jadi ihwal tersebut sangat berpotensi jadi faktor merusak harmonisasi generasi muda, jadi itu yang hari ini benar-benar kita genjot agar kebhinekaan kita ini tidak sia-sia," tuturnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1136 seconds (10.177#12.26)