Brigjen TNI Antoninho: Wawasan Kebangsaan Penting Dipahami untuk Menjaga NKRI

Kamis, 21 Juli 2022 - 20:58 WIB
loading...
Brigjen TNI Antoninho: Wawasan Kebangsaan Penting Dipahami untuk Menjaga NKRI
Wakil Asisten Intelijen KSAD Bidang Manajemen Intelijen, Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva dan Gubernur Bali, I Wayan Koster saat dialog interaktif Wawasan Kebangsaan di Kota Denpasar, Bali. Foto/Ist
A A A
DENPASAR - Wawasan kebangsaan sangat penting dipahami setiap warga negara agar memiliki rasa kecintaan terhadap Tanah Air sekaligus menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal itu disampaikan Wakil Asisten Intelijen Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Bidang Manajemen Intelijen, Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva dalam dialog interaktif Wawasan Kebangsaan yang dilaksanakan di Gedung Alaya Lumintang Kota Denpasar, Bali pada Kamis (21/7/2022).

Baca juga: Memaknai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan

Dalam paparannya berjudul “Pemantapan Nilai-Nilai Wawasan Kebangsaan Dalam Rangka Mencegah Konflik Sosial” ini Antoninho menegaskan, pembangunan wawasan kebangsaan sesuai dengan penekanan dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

”Wawasan kebangsaan sangatlah penting untuk diketahui dan dipahami oleh setiap warga negara. Hal ini sebagai proses pembentukan sikap moral dan karakter yang kokoh agar memiliki rasa kecintaan yang hakiki terhadap Tanah Air dan menjaga kesinambungan berkehidupan berbangsa dan bernegara serta terpeliharanya NKRI,” ujarnya.

Menurut Antoninho, bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa, ras, agama, budaya dan adat istiadat yang berbeda tapi tetap satu dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. "Untuk itu rasa cinta Tanah Air ini perlu ditanamkan secara dini bagi setiap individu," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Bali, I Wayan Koster mengapresiasi program dari KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang dinilai sangat bermanfaat dan perlu dilestarikan serta di pertahankan.

Baca juga: Tokoh Nasional dan Agama Diminta Ikut Perkuat Wawasan Kebangsaan

"Hal itu untuk membangkitkan kembali semangat dan motivasi juang setiap warga negara Indonesia agar secara massif dan komprehensif bisa mencintai, membela tanah airnya serta menjaga keutuhan NKRI tercinta ini sampai titik darah penghabisan," ujarnya.
(shf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1853 seconds (11.210#12.26)