Anak-anak Muda Magetan Manfaatkan Genteng Produk UMKM Desa Jadi Sarana Berbagi

Kamis, 21 Juli 2022 - 04:26 WIB
loading...
Anak-anak Muda Magetan Manfaatkan Genteng Produk UMKM Desa Jadi Sarana Berbagi
Karang Taruna Pemuda Asem (Kapas Winong), Desa Tanjungsepreh Kecamatan Maospati, Mageta, membagikan daging kurban dengan memanfaatkan genteng sebagai alas.Foto/ist
A A A
MAGETAN - Kolaborasi komunitas di Madiun, Ngawi, hingga Magetan yang tergabung dalam karang taruna (kartar) Heppiii Community dengan anak motor Bold Riders tuntas membagikan daging kurban ke warga yang membutuhkan. Di wilayah ini ada 10 kambing yang dibagikan oleh komunitas dan paguyuban yang tergabung dalam Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA).

Kegiatan yang mengambil tema KITA Berbagi 2022 ini dilakukan secara serentak di 87 kabupaten Kota di Indonesia Timur dengan jumlah 637 ekor sapi dan kambing secara nasional. Total ada ratusan komunitas yang terlibat dalam KITA Berbagi 2022 ini.

"Untuk Madiun ada enam komunitas karta Heppiii Community dan empat komunitas Bold Riders. Mereka sudah membagikan daging kurban dengan keunikan masing-masing, yang luar biasa semua komunitas membagikan dengan menggunakan wadah ramah lingkungan, yakni pakai daun jati, pisang, besek, bahkan ada yang pakai alas genteng," jelas Koordinator Kita Berbagi 2022 di Madiun, Tri Prasetyanto, Kamis (21/7/2022).

Baca juga: Edukasi Warga, Komunitas di Surabaya Timur Ini Sisipkan Masker Saat Kegiatan Berbagi

Khusus untuk alas genteng ini dilakukan oleh Karta Pemuda Asem (Kapas Winong), Desa Tanjungsepreh Kecamatan Maospati, Magetan. Di desa ini sangat terkenal dengan sentra UMKM penghasil genteng berkualitas terbaik yang selama ini sudah memiliki pasar di Jawa Timur dan Jawa Tengah, bahkan luar pulau.

"Jadi karta di sana saat pembagian hewan kurban kemarin keliling memakai kayak gerobak yang biasa untuk ngangkut genteng, daging kurbannya pakai wadah daun jati lalu ada genteng sebagai alas pengganti nampan," imbuhnya.

Selain Karta, komunitas Bold Riders dan esport juga mekakukan pembagian daging kurban. Anak motor ini berkunjung ke desa Karta Heppiii Community sekaligus touring ke desa.

"Anak-anak motor Bold Riders dan esport membagikan daging kurban memakai wadah ramah lingkungan juga yakni daun pisang ke desa-desa," jelas Koordinator Bold Riders Madiun Paulus Susanto.

Komunitas yang tergabung dalam KITA Berbagi 2022 adalah Karta Pemuda Asem (Kapas Winong), Karta Gapura Sukowidi, Desa Sukowidi, Kec Kartoharjo, Magetan, Karta Ridho Pangeran, Desa Plumpung, Kec Plaosan, Magetan, Karta Karya Remaja Desa Mangunharjo, Kec Ngawi, Karta Tunas Muda Jiwan, Kec Jiwan, Madiun, Karta Dagangan Heppiii, Desa Dagangan Kec Dagangan, Madiun. Lalu anak motor Madiun Club Ninja, Kracker Romawi, R15 Club Madiun, dan esport Omah Ijo.

Program KITA Berbagi 2022 ini memasuki tahun ketiga. Pada tahun 2020 dan 2021, Program KITA Berbagi telah mendapat apresiasi dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) atas berbagai pencapainnya.

Pada tahun 2021 lalu, Komunitas KITA meraih rekor MURI untuk kategori jumlah pembagian paket kurban terbanyak oleh komunitas dengan total 13.398 paket kurban.
Tahun ini kolaborasi berbagai komunitas ini juga akan kembali membuat rekor baru yakni membagikan hewan kurban dengan menggunakan wadah ramah lingkungan (nonplastik sekali pakai) terbanyak di Indonesia.

Data setelah verifikasi sudah ada 10.040 paket daging kurban yang dibagikan dengan wadah ramah lingkungan seperti besek, daun jati, daun pisang dan wadah ramah lingkungan lainnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1073 seconds (0.1#10.140)