Hattrick WTP, Menpora Amali: Hasil Ini Jadi Penambah Semangat Buat Kami di Kemenpora untuk Bekerja Lebih Baik

Rabu, 13 Juli 2022 - 10:59 WIB
loading...
Hattrick WTP, Menpora Amali: Hasil Ini Jadi Penambah Semangat Buat Kami di Kemenpora untuk Bekerja Lebih Baik
Kemenpora kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI atas Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Kemenpora tahun anggaran 2021. Tiga tahun berturut-turut di bawah kepemimpinan Zainudin Amali meraih WTP.
A A A
JAKARTA - Kementerian Pemudan dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Kemenpora Tahun Anggaran 2021.

Dengan demikian, Kemenpora tiga tahun secara berturut-turut (hattrick) di bawah kepemimpinan Zainudin Amali meraih WTP antara lain Tahun Anggaran 2019, 2020 dan 2021.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengaku bersyukur pihaknya mampu mempertahankan predikat WTP tiga tahun secara berturut-turut. Padahal, sebelum dirinya menjabat atau dalam 10 tahun terakhir Kemenpora meraih opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Bahkan 2015 dan 2016 meraih predikat Tidak Memberikan Pendapat (TMP).

“Alhamdulillah kita hattrick (tiga kali), 3 tahun berturut-turut mendapatkan status WTP (Wajar Tanpa Pengecualian), mudah-mudahan hasil ini akan menjadi penambah semangat, buat kami di Kemenpora untuk bekerja lebih baik lagi melayani urusan-urusan kepemudaan dan urusan-urusan olahraga,” katanya konferensi pers usai acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari BPK RI atas Laporan Keuangan Kemenpora Tahun Anggaran 2021 di Media Center Kemenpora, Senayan Jakarta Pusat, Rabu (13/7/2022).

Menpora Amali mengatakan, capaian ini merupakan kerja keras dari semua pegawai Kemenpora dan berharap hasil ini dapat terus dipertahankan pada tahun anggaran berikutnya. “Ini hasil kerja bersama, bukan karena menterinya hebat, menterinya bagus, tidak. Tetapi team work dari Kemenpora yang bagus,” ucapnya.

Menurut Menpora Amali, dirinya hanya menjadi dirigen atau mengomandai, namun pada saat pemeriksaan oleh BPK yang menyajikan pertanggungjawaban laporan keuangan adalah para pejabat eselon dan semua yang berada di tim pelaksana.

“Dan tentu tidak terlepas juga dari dukungan teman-teman para jurnalis dari berbagai media yang memberikan masukan yang tidak henti-hentinya kepada kami Kemenpora, sehingga perbaikan di sana-sini terutama perbaikan tata kelola yang menjadi prioritas kami itu saya apresiasi dan terimakasih,” katanya.

Menpora Amali menjelaskan, pihaknya di Kemenpora memiliki program prioritas untuk tahun 2020-2024 salah satunya adalah perbaikan tata kelola kelembagaan, kompetisi ASN, penyederhanaan regulasi, penyesuaian birokrasi dan peningkatan kecepatan pelayanan publik.

“Karena kami meyakini dengan tata kelola yang baik, maka pelayanan berikutnya akan menjadi lebih mudah baik kepemudaan maupun olahraga. Tapi kalau tata kelolanya tidak baik, maka pasti akan berakibat kepada pelayanan urusan kepemudaan dan olahraga j tidak akan baik,” ujarnya.

Anggota III Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Achsanul Qosasi, dalam acara penyerahan laporan pemeriksaan keuangan Kemenpora oleh BPK ini menyampaikan apresiasi atas upaya Kemenpora yang terus melakukan perbaikan tata kelola sehingga meraih WTP.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2463 seconds (0.1#10.140)