Lestarikan Kuliner Nusantara, PDI Perjuangan Jawa Timur Gelar Lomba Masak

Selasa, 19 Juli 2022 - 07:15 WIB
loading...
Lestarikan Kuliner Nusantara, PDI Perjuangan Jawa Timur Gelar Lomba Masak
Para peserta mengikuti Lomba Memasak Resep Mustika Rasa yang digelar DPD PDI Perjuangan Jatim di Kawasan Simpang Lima Gumul, Kabupaten Kediri. Foto SINDOnews
A A A
SURABAYA - DPD PDI Perjuangan Jawa Timur (Jatim) akan terus berupaya mendukung terwujudnya kedaulatan pangan. Salah satunya, dengan merutinkan lomba memasak. Lomba memasak sesuai buku resep Mustika Rasa sebagai rangkaian acara memperingati Bulan Bung Karno.

Hal ini disampaikan Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, Kusnadi di sela acara Lomba Memasak Resep Mustika Rasa yang digelar DPD PDI Perjuangan Jatim di Kawasan Simpang Lima Gumul, Kabupaten Kediri.



Tercatat sebanyak 1.576 peserta memarakkan lomba memasak yang juga menyedot animo 5.000 lebih masyarakat Kediri Raya ini. "Peserta lomba tak hanya dari Kediri Raya, namun juga datang dari kabupaten/kota di Jatim, bahkan dari Jawa Tengah," katanya, Senin (18/7/2022).

Menurut Kusnadi, gelar lomba memasak terbesar se-Jatim pasca pandemi COVID-19 itu bisa menjadi jalan bagi Indonesia menuju kedaulatan pangan, khususnya di Jatim. Sebab, 1.600-an resep kekayaan kuliner Nusantara dalam buku Mustika Rasa, bahan baku dan bumbu-bumbunya semua tanaman hasil bumi yang ada di tanah air.

Hal ini pun, sebutnya, sejalan dengan upaya Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang terus menggelorakan kedaulatan pangan. Seperti yang diinstruksikan kepada kader Banteng, khususnya yang menjabat kepala daerah untuk menanam 10 tanaman pendamping beras.

"Bung Karno sebagai presiden pertama telah mewariskan kepada kita resep masakan Nusantara, yang seluruh bahannya asli dari bumi Indonesia. Sehingga ini bisa menjadi panutan dalam mengolah makanan sehari-hari," tandas Kusnadi.

Ketua DPRD Jatim tersebut menyatakan, acara semacam ini akan menjadi agenda rutin tiap tahunnya, dan akan menyebar ke berbagai daerah lainnya."Manfaat gebyar lomba seperti ini harus berdampak kepada seluruh rakyat di berbagai penjuru daerah," ujarnya.

Kusnadi juga berharap agar lomba memasak Mustika Rasa mampu menjadi semangat kebangkitan masyarakat Jawa Timur untuk kembali ke dapur. Menurutnya, saat ini sudah jarang masyarakat mau memasak di dapur sendiri dan lebih memilih membeli makanan cepat saji.

"Padahal berbagai jenis bahan pangan sudah ada di sekitar kita, siap untuk diolah menjadi beraneka ragam jenis masakan," sebut Kusnadi. Baca juga: PDIP Instruksikan 5 Kepala Daerah Buat Percontohan Ternak Sapi Revolusioner
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2992 seconds (0.1#10.140)