Perpeloncoan Peserta Didik Baru Dilarang, Sekolah Bakal Diawasi Ketat

Senin, 18 Juli 2022 - 22:28 WIB
loading...
Perpeloncoan Peserta Didik Baru Dilarang, Sekolah Bakal Diawasi Ketat
Kadisdik Jabar, Dedi Supandi resmi membuka PLS di Jabar di SMKN 3 Bandung, Senin (18/7/2022). Foto: SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat , Dedi Supandi melarang praktik perpeloncoan dalam pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) bagi para peserta didik baru di daerah itu.

Untuk mencegah terjadinya praktik perpeloncoan, Dedi menyatakan, pelaksanaan PLS bakal diawasi ketat oleh berbagai pihak, mulai pengawas sekolah hingga orang tua siswa.

"Pelaksanaan PLS diawasi oleh panitia PLS sekolah, seperti pengawas sekolah, komite sekolah, dan orang tua. Insya Allah enggak ada (perpeloncoan)," tegas Dedi, Senin (18/7/2022).



Dedi menjelaskan bahwa PLS bertujuan untuk mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah, menumbuhkan motivasi, mengembangkan interaksi positif antarsiswa, dan warga sekolah serta menumbuhkan perilaku positif, seperti kejujuran, kemandirian, dan saling menghargai.



"PLS juga bertujuan untuk mengarahkan peserta didik agar memahami wawasan kebangsaan dan pendidikan karakter," tegasnya.

Dedi pun berpesan kepada seluruh peserta didik untuk menjaga persatuan bangsa. Sebab, Indonesia terdiri dari keberagaman.

"Kalau tidak ada wawasan kebangsaan, tidak ada Pancasila, maka ke depan belum tentu Nusantara itu ada. Bangsa ini ada di masa depan kalian, jadilah generasi yang memberi solusi," katanya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2746 seconds (0.1#10.140)