Toleransi dan Kebersamaan, Petugas Adat Pecalang Ikut Bagikan Daging Kurban di Blitar

Senin, 18 Juli 2022 - 09:27 WIB
loading...
Toleransi dan Kebersamaan, Petugas Adat Pecalang Ikut Bagikan Daging Kurban di Blitar
Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area melibatkan petugas adat Hindu turut membagikan daging kurban bersama komunitas dari berbagai suku dan agama
A A A
BLITAR - Sebagai bentuk toleransi dan kebersamaan antarumat beragama di Blitar, kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) melibatkan petugas adat Hindu yang disebut dengan pecalang. Mereka turut membagikan daging kurban bersama dengan komunitas dari berbagai latar belakang suku dan agama.

Pemandangan indah ini terlihat saat acara KITA Berbagi 2022 yang digelar oleh Kolaborasi KITA di Desa Pasirharjo, Talun, Blitar. Di desa ini banyak berkembang berbagai agama, seperti Hindu, Muslim dan Kristen. Hindu menjadi agama mayoritas di wilayah tersebut.

Baca juga: Kisah Pelukis Basoeki Abdullah Selalu Memilih Warna Hijau untuk Sosok Nyi Roro Kidul

"Komunitas KITA yakni District Blitar Streetfire (DBS) melakukan pembagian daging kurban di sana. Sebagai wujud dari toleransi dan kebersamaan, mereka dibantu juga oleh petugas pecalang saat pembagian daging kurban. Pecalang ini layaknya di Bali juga memakai udeng khas Pulau Dewata saat membantu KITA," jelas Koordinator KITA Berbagi 2022 di Blitar Mochamad Irfan Afandi, Rabu (13/7).

Komunitas KITA juga membagikan daging kurban di sejumlah daerah dengan menambahkan paket sembako di daging yang diberikan. Seperti dilakukan oleh komunitas Suzuki GSX Owner Indonesia (SUGOI) Chapter Blitar. Anak motor yang tergabung dalam Bold Riders ini menambahkan sembako berupa minyak goreng, beras 5 kg, serta gula.

Di Blitar Kolaborasi KITA membagikan 11 ekor kambing dan diikuti oleh 8 komunitas, yakni CBR Club Indonesa (BLITAR (CCI), DISTRICT BLITAR STREETFIRE (DBS), SUGOI (Suzuki GSX Owner Indonesia) Chapter Blitar, YRCB (YZF R Series Community Blitar), YVCI - VB (Yamaha Vixion Chapter Indonesia), BRIONESIA Chapter AG Raya, MTC BLITAR (Mobil Timor Community) danKomunitas musik Darah Biru.

"Semua daging dibungkus wadah ramah lingkungan seperti besek, daun jati, daun pisang. Ada juga komunitas yang saat membagikan memakai pakain badut untuk menghibur warga sekitar," ungkapnya.

Program KITA Berbagi 2022 ini serentak dilaksanakan di 87 kabupaten Kota di Indonesia Timur. KITA Berbagi tahun ini ada 637 ekor sapi dan kambing.
Pada tahun 2020 dan 2021, Program KITA Berbagi telah mendapat apresiasi dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) atas berbagai pencapainnya.

Pada 2021 lalu, Komunitas KITA meraih rekor MURI untuk kategori jumlah pembagian paket kurban terbanyak dengan total 13.398 paket kurban. Tahun ini kolaborasi berbagai komunitas ini juga akan kembali membuat rekor baru yakni membagikan hewan kurban dengan menggunakan wadah ramah lingkungan (nonplastik sekali pakai) terbanyak di Indonesia.

Data awal sudah ada 10.583 paket daging kurban yang dibagikan dengan wadah ramah lingkungan seperti besek, daun jati, daun pisang dan wadah ramah lingkungan lainnya. Data ini adalah jumlah sementara dan diperkirakan akan terus bertambah dalam sepekan kedepan.
(msd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2045 seconds (11.210#12.26)