Tinjau Lokasi Banjir, IDP: Normalisasi Sungai Masamba Terus Dilakukan

Jum'at, 26 Juni 2020 - 16:25 WIB
loading...
Tinjau Lokasi Banjir, IDP: Normalisasi Sungai Masamba Terus Dilakukan
Bupati Lutra Indah Putri Indriani saat meninjau lokasi banjir akibat luapan Sungai Masamba. Foto/SINDOnews/Fitra Budin
A A A
MASAMBA - Bupati Luwu Utara (Lutra) , Indah Putri Indriani alias IDP, meninjau beberapa titik lokasi banjir di Kecamatan Masamba, Jumat (26/6/2020). Banjir terjadi karena Sungai Masamba meluap akibat tingginya intensitas curah hujan dalam beberapa waktu terakhir.

Guna mengantisipasi sekaligus mencegah terjadinya banjir, IDP sudah menginstruksikan instansi terkait untuk melakukan normalisasi Sungai Masamba. Sampai saat ini, Sungai Masamba terus dikeruk. Langkah ini diharapkan benar-benar bisa mencegah berulangnya banjir di wilayah tersebut.

IDP pada kesempatan itu juga meminta perangkat daerah untuk selalu waspada dan siap siaga untuk segera melakukan langkah-langkah antisipatif jika ada warga terdampak banjir.

“Kita tetap terus melakukan upaya penanganan agar tidak terjadi luapan lagi di sungai ini, salah satunya normalisasi sungai,” kata IDP saat meninjau lokasi terdampak banjir di Dusun Pontaden, Kelurahan Bone Tua, Kecamatan Masamba, Jumat (26/6/2020).



Kadis PUPR Lutra, Suaib Mansur, berkomitmen akan terus melakukan normalisasi dengan menurunkan alat berat untuk mengeruk sedimen agar tidak terjadi pendangkalan.

“Insya Allah ke depan dan ini menjadi prioritas yaitu penguatan tebing, seperti pembangunan talud dan pembuatan bronjong di bantaran Sungai Masamba,” jelas dia.

Untuk diketahui, berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG dikatakan bahwa pada akhir Juni, cuaca di Lutra diprediksi terjadi hujan lokal dan berawan. Karenanya, masyarakat tetap diminta dan diharapkan untuk selalu waspada karena tingginya curah hujan di daerah hilir dan bantaran sungai. Kondisi ini tentu menjadi alarm bagi masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan.

Baca Juga: Bupati Lutra Salurkan Bantuan di 3 Kecamatan Terdampak Banjir
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1637 seconds (0.1#10.140)