Gubernur Kalteng Apresiasi Digelarnya Kalteng Expo 2022

Rabu, 13 Juli 2022 - 11:13 WIB
loading...
Gubernur Kalteng Apresiasi Digelarnya Kalteng Expo 2022
Pembukaan Kalteng Expo 2022 oleh Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo beserta pejabat Pemprov Kalteng. Doc. Pemprov Kalteng
A A A
KOTA PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) menggelar Kalteng Expo 2022 bertempat di Area Pameran Temanggung Tilung, Palangka Raya mulai 12 hingga 16 Juli 2022.

Pembukaan sekaligus ditandai dengan penabuhan katambung secara bersama oleh Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo, Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Nuryakin, perwakilan Forkopimda Prov Kalteng yakni Wakil Ketua DPRD Prov Kalteng Abdul Rajak serta perwakilan bupati/wali kota se-Kalteng yakni Bupati Sukamara Windu Subagio, Selasa (12/7/2022) malam. Pembukaan pameran juga ditandai dengan pemotongan pita oleh Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran.

Wakil Gubernur Edy Pratowo saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para pihak yang telah bekerja tulus dan ikhlas, hingga event Kalteng Expo Tahun 2022 ini dapat terlaksana.

“Kalteng Expo 2022 merupakan agenda tahunan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Tengah yang ke-65, yang mana dua tahun sebelumnya tidak dapat kita laksanakan karenakan pandemi Covid-19 yang melanda”, tutur Edy.

Lebih lanjut disampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan guna meningkatkan promosi dan informasi peluang investasi, serta produk-produk komoditas unggulan yang dimiliki Kalimantan Tengah yang berorientasi pada ekspor. Dengan diselenggarakannya Kalteng Expo ini, diharapkan dapat menciptakan wahana interaksi bisnis langsung maupun jangka panjang dan menjalin kerja sama yang saling menguntungkan antar pelaku usaha, pembeli dan investor. Dengan sasaran untuk mendorong masuknya investasi ke daerah Kalteng sekaligus mengembangkan dan meningkatkan volume perdagangan produk unggulan daerah se-Kalteng, baik itu di bidang investasi, perdagangan, industri, teknologi, SDM, dan lain-lain.

Selain itu, untuk meningkatkan kemitraan di antara pelaku usaha, nilai tambah, efisensi dan produktifitas daerah. Selanjutnya sebagai sarana yang efektif untuk mendorong produk lokal lebih meningkatkan kualitas, kreatifitas dan produktifitasnya dengan calon-calon investor agar tertarik membangun investasi di daerah khususnya Kalteng.

Melalui kegiatan ini juga diharapkan para pelaku usaha UMKM/IKM dapat selalu mengikuti perkembangan dan permintaan para konsumen serta senantiasa mengikuti dan mempertimbangkan isu-isu perdagangan nasional seperti produk yang ramah lingkungan dan produk yang peduli akan kesehatan sekaligus dengan memunculkan dan memanfaatkan brand atau merk untuk produk yang dihasilkan. Diharapkan juga dapat meningkatkan kemampuan dan profesionalisme SDM dalam sektor jasa dengan menyajikan data dan informasi yang berkualitas, kreatif, dan produktif untuk kepentingan investasi dalam rangka mempromosikan daerah.

Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Nuryakin dalam laporannya menyampaikan pelaksanaan kegiatan Kalteng Expo tahun 2022 dilaksanakan di Area Pameran Temanggung Tilung, Palangka Raya diikuti peserta berjumlah 150 stand yang terbagi dalam stand indoor, stand outdoor serta hiburan dan pasar rakyat.

“Maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan ini sebagai bentuk peran serta Pemprov Kalteng dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat khususnya di wilayah Kalteng dan sebagai media promosi bagi potensi dan produk unggulan daerah sehingga dapat menarik minat investor baik dari dalam maupun luar negeri serta memupuk kecintaan dan kepercayaan terhadap produksi dalam negeri dalam rangka meningkatkan kemampuan bersaing di pasar global”, tutup Nuryakin.

Turut hadir Forkopimda Prov. Kalteng, Istri Wagub Kalteng Nunu Andriani, Ketua DWP Kalteng Anita Nuryakin, serta Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Prov. Kalteng. Hadir juga Bupati/Walikota se-Kalteng, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten/Kota se-Kalteng serta para peserta Kalteng Expo 2022.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4494 seconds (0.1#10.140)