Pastikan Daging Kurban Aman Dikonsumsi, Pemko Mojokerto Kerja Sama dengan Baznas dan FKH UB

Sabtu, 09 Juli 2022 - 14:42 WIB
loading...
Pastikan Daging Kurban Aman Dikonsumsi, Pemko Mojokerto Kerja Sama dengan Baznas dan FKH UB
Mengantisipasi Penyakit Mulut dan Kuku, Pemko Mojokerto bersinergi bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Mojokerto menjamin keamanan daging kurban.
A A A
KOTA MOJOKERTO - Mengantisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang mewabah pada ternak, Pemerintah Kota (Pemko) Mojokerto bersinergi bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Mojokerto untuk menjamin keamanan daging kurban. Hal tersebut dilakukan dengan memeriksa hewan kurban yang ada di 101 masjid dan musala di Kota Mojokerto.

Ketua Baznas Kota Mojokerto menyampaikan bahwa pemeriksaan hewan kurban ini agar warga Kota Mojokerto merasa aman dalam mengkonsumsi hewan kurban. "Kami bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) dan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya (FKH UB) Malang melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban," jelasnya.

Dia mengatakan, tim dari FKH UB pada hari ini, Sabtu (9/7/2022) turun untuk memeriksa daging kurban, salah satunya adalah di Masjid An Nur, Jalan Empunala, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto.

Pemeriksaan hewan kurban dilakukan atas arahan Wali kota Ika Puspitasari sebelum Idul Adha hingga nanti selesai hari tasyrik yang merupakan hari terakhir waktu penyembelihan hewan kurban.

Sebelum pemeriksaan hewan kurban secara langsung, para camat, lurah, takmir masjid dan musala, para panitia kurban serta jajaran TNI Polri mendapatkan seminar tentang wabah PMK. Dengan penjelasan secara langsung oleh Widi Nugroho ahli Epidemiologi Veteriner dan Kesehatan Masyarakat Veteriner dariFKH UB diharapkan pihak-pihak terkait dapat memastikan hewan kurban dalam keadaan sehat dan aman untuk dikonsumsi. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2018 seconds (0.1#10.140)