Kurangi Sampah Plastik, Daging Kurban di Cimahi Dikemas Besek Bambu

Senin, 11 Juli 2022 - 14:08 WIB
loading...
Kurangi Sampah Plastik, Daging Kurban di Cimahi Dikemas Besek Bambu
Untuk mengurangi penggunaan plastik, daging kurban di Cimahi dikemas besek bambu.Foto/ilustrasi
A A A
CIMAHI - DKM Masjid Agung Kota Cimahi membagikan ratusan bungkus daging hewan kurban pada Idul Adha 1443 H ini kepada masyarakat. Untuk mengurangi limbah plastik, maka daging kurban yang dibagikan itu dikemas menggunakan besek bambu.

"Ada total 680 paket daging kurban baik domba maupun sapi yang kami didistribusikan kepada masyarakat sekitar," kata Ketua DKM Masjid Agung Cimahi, Dadan Darmawan, Senin (11/7/2022).

Baca juga: Petugas K5 Pasar Induk Cianjur Beli 4 Ekor Sapi Kurban dengan Uang Receh, Hasil Menabung 10 Bulan

Menurutnya dari jumlah total hewan kurban itu rinciannya sebanyak 470 bungkus disebarkan kepada masyarakat. Sementara 210 bungkus sesuai permintaan diberikan kepada yang menitipkan kurban.

Disinggung soal penggunaan besek untuk daging kurban yang dibagikan, Dadan mengaku hal itu dilakukan untuk mendukung program Pemkot Cimahi dalam mengurai sampah plastik. Sehingga dengan penggunaan besek lebih ramah lingkungan dan mudah terurai.

"Kita sepakat mendukung program pemerintah dengan menggunakan wadah yang ramah lingkungan, yakni menggunakan besek daripada kantung plastik," imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakannya, hewan kurban yang ditipkan pada Idul Adha tahun ini di Masjid Agung Cimahi mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tahun ini tercatat hanya ada 13 ekor domba dan 2 ekor sapi. Sedangkan tahun lalu ada 22 ekor domba dan sapi 6 ekor.

Sejumlah hewan kurban yang dititpkan di Masjid Agung Cimahi tahun ini di antaranya ada dari Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi. Kemudian, para pejabat di lingkungan Pemkot Cimahi, serta ada juga dari masyarakat umum yang mempercayakan hewan kurbannya ke DKM Masjid Agung Cimahi.

"Tahun ini ada penurunan jumlah hewan kurban yang dititipkan di sini. Faktornya mungkin karena banyak yang berkurban di wilayahnya masing-masing," pungkasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7343 seconds (0.1#10.140)