Jelang Idul Adha, Kabupaten Bone Kirim Ratusan Sapi ke Balikpapan

Selasa, 05 Juli 2022 - 09:01 WIB
loading...
Jelang Idul Adha, Kabupaten Bone Kirim Ratusan Sapi ke Balikpapan
Bupati Bone (kanan) memimpin seremoni pelepasan sapi dari Kabupaten Bone ke Balikpapan untuk keperluan kurban dalam rangka Hari Raya Idul Adha. Foto/Justang Muhammad
A A A
BONE - Bupati Bone , Fahsar M Padjalangi melepaskan ratusan sapi ke Balikpapan, Kalimantan Timur, yang berlangsung di Lapangan Sepak Bola Desa Lompu, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone, Senin (4/7/2022).

Pelepasan ditandai dengan pemecahan kendi di depan truk pengangkut sapi. Komoditi sapi jantan yang dikirim difasilitasi Perumda Ellung Mangenre Kabupaten Bone ke Perumda Manuntung Sukses Kota Balikpapan.

Direktur Perumda Ellung Mangenre, A Dirga Baso menuturkan pengiriman sapi menindaklanjuti MoU Perumda Ellung Mangenre Kabupaten Bone dengan Perumda Manuntung Sukses Kota Balikpapan.

"Ini merupakan pogres MoU antar dua Perumda, tahap awal kita kirim 62 ekor sapi, kemudian kita kirim secara bertahap 200 ekor per bulan selanjutnya atau sesuai dengan permintaan MoU yang kita sudah bangun dua bulan yang lalu," kata A Dirga Baso.



Dia melanjutkan, sapi-sapi tersebut untuk memenuhi kebutuhan sapi di Kota Balikpapan selama Hari Raya Kurban atau Idul Adha 1443 Hijriah tahun 2022.

Selain sapi jantan, ke depan Perumda Ellung Mangenre Kabupaten Bone juga akan mengirim sejumlah komoditas andalan Kabupaten Bone.

"Sesuai MoU harapan kami ke depan, ada empat fokus komoditi rencana bisnis yang akan kita suplai ke Kalimantan, yakni komoditi beras, jagung, sapi dan rumput laut," kata A Dirga Baso.

"Semua yang dilakukan Perumda Kabupaten Bone keuntungannya akan masuk menjadi sumbangsih PAD Kabupaten Bone," jelasnya.

Bupati Bone, Fahsar M Padjalangi menuturkan Kabupaten Bone merupakan salah satu daro lima kabupaten yang memiliki populasi sapi ternak terbesar di Indonesia. Jadi tidak salah jika Perumda Balikpapan menjalin kerja sama dengan Perumda Kabupaten Bone sebagai penyuplai sapi di Kaltim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1911 seconds (0.1#10.140)