Dikunjungi Jokowi, Petani Bone Sumringah Dapat Bantuan Pompa Irigasi

Kamis, 04 Juli 2024 - 23:04 WIB
loading...
Dikunjungi Jokowi, Petani Bone Sumringah Dapat Bantuan Pompa Irigasi
Para petani di Kabupaten Bone, Sulsel, mendapat kunjungan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo di Desa Jaling, Kecamatan Awangpone, Kamis, (4/7/2024). Foto/Abdoellah Nicolha
A A A
BONE - Para petani di Kabupaten Bone , Sulawesi Selatan (Sulsel) mengaku senang dengan kunjungan Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara, Iriana Joko Widodo di Desa Jaling, Kecamatan Awangpone, Kamis, (4/7/2024).

Kunker Presiden Jokowi di tersebut untuk meninjau langsung pelaksanaan pemberian bantuan 300 unit pompa untuk pengairan sawah dan pertanian (pompanisasi) di Desa Jaling, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan,

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Pj Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakrulloh dan Pj Bupati Bone Andi Islamuddin.



Saat berada di lokasi, Presiden Jokowi juga berkesempatan untuk berdialog langsung dengan para petani yang sedang bekerja di sawah. Salah satu petani, Isal mengungkapkan kebutuhan mendesak akan air hujan untuk mengairi tanaman di sawahnya yang berada di dataran tinggi.

“Kurang hujan, padahal di sini air hujan saja yang ditunggu. Ini kan sawah tinggi daratannya, jadi menunggu air hujan baru bisa bertani di sawah," ungkap Isal dengan penuh harap.

Isal pun mengaku senang atas bantuan pompa yang diberikan pemerintah karena dapat membantu menyediakan air dalam bertani. "Sawah ini memanfaatkan air hujan, kalau tidak ada hujan tidak bisa menggarap sawah. Dengan bantuan pompa bisa agak lancar bersawahnya," ungkapnya.

Petani lainnya, Andi Mus Mulyadi juga menyampaikan manfaat pompa irigasi untuk mengatasi kekurangan air saat kemarau. “Kalau ada pompa kekurangan air di musim kemarau cepat teratasi,” tambahnya.



Selain itu, Mus juga menekankan perbedaan signifikan dalam produktivitas tanam sejak menggunakan pompa irigasi. Bahkan, dia mengatakan bahwa dia dan petani lainnya dapat bertani hingga tiga kali dalam setahun.

“Alhamdulillah kami sangat bersyukur bisa didatangi Pak Presiden. Kami mengucapkan banyak terima kasih atas bantuannya," ujarnya.

Kunjungan Jokowi tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan petani dengan memperbaiki sistem irigasi di daerah kering seperti di Provinsi Sulawesi Selatan.
(wib)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1570 seconds (0.1#10.140)
pixels