7 Pasien ODGJ di RSJ Kota Makassar Kabur, 1 Pulang ke Rumah, 1 Masih Dicari, 5 Kembali

Senin, 16 Januari 2023 - 18:30 WIB
loading...
7 Pasien ODGJ di RSJ Kota Makassar Kabur, 1 Pulang ke Rumah, 1 Masih Dicari, 5 Kembali
Sebanyak tujuh pasien orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, kabur. Dari tujuh tersebut hanya dua yang benar kabur. Foto Leo Muh Nur
A A A
MAKASSAR - Sebanyak tujuh pasien orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, kabur. Dari tujuh tersebut hanya dua yang benar kabur dengan merusak kamar mandi belakang, gedung perawatan Kenari.

Abdul Malik, Kepala Bidang Keperawatan Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi Sulsel mengatakan, lima dari ketujuh ODGJ itu sudah kembali.

Lanjut dia, dari tujuh tersebut hanya dua yang benar kabur dengan merusak kamar mandi belakang, gedung perawatan Kenari. Keduanya bernama Iksan dan Agung Prasetyo. Mereka berasal dari Kabupaten Bone.

Pasien atas nama Agung Prasetyo disebut telah ada konfirmasi dari keluarga. Agung sudah pulang ke rumahnya dan kembali bekerja membantu keluarga.

"Pasien yang lari itu sebenarnya cuma dua orang. Namanya Iksan dan Agung Prasetyo dari Bone. Agung sudah sampai rumah, menurut keluarga dia sudah bekerja jadi buruh harian," ucap Abdul, Minggu (15/1/2023).

Sementara pasien bernama iksan disebut belum ada pemberitahuan. Pihaknya juga telah melapork ke Polsek Mamajang guna membantu pencarian.

"Iksan ini belum ada kabar. Karena sudah lebih dari tiga hari kami akan melaporkan jika pasien ini melarikan diri. Kami juga sudah laporkan ke POlsek Mamajang," katanya.

Sementara itu, lima pasien lain dari tujuh yang dikabarkan hilang disebut sudah kembali ke rumah sakit. Kelimanya dikatakan pasien yang berasal dari Kota Makassar dan sudah memiliki kewarasan stabil atau sehat sehingga kadang kembali ke rumah bertemu keluarga.

Pihak rumah sakit menegaskan jika ketujuh pasien ini sebenarnya sudah pulih dari penyakit kejiwaannya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2095 seconds (0.1#10.140)