Dua Gubernur Sepakat Bangun Jalan Baru Sumsel-Bengkulu

Kamis, 25 Juni 2020 - 21:05 WIB
loading...
Dua Gubernur Sepakat Bangun Jalan Baru Sumsel-Bengkulu
Gubernur Sumsel Herman Deru berbincang bersama Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di sela pertemuan di Rumah Dinas Gubernur Sumsel, Kamis (25/6/2020). Foto SINDOnews
A A A
PALEMBANG - Gubernur Sumsel H Herman Deru menilai upaya peningkatan konektivitas dengan membangun akses jalan penghubung baru sepanjang 49 KM antar provinsi Sumatera Selatan (Sumsel)-Bengkulu sangat strategis.

Hal itu diutarakannya ketika menerima langsung kunjungan kerja Gubernur Bengkulu H Rohidin Mersyah guna koordinasi awal peningkatan konektivitas antar provinsi dalam rangka pembukaan jalan baru yang akan menghubungkan Bengkulu dan Kabupaten Empat Lawang Sumsel melalui program TNI Manunggal Masuk Desa di Griya Agung Palembang, kamis (25/6/2020).

Menurut HD, langkah peningkatan konektivitas jalan itu tentu akan mendorong semakin eratnya kerjasama antara dua daerah di wilayah Sumbagsel tersebut. Termasuk juga berimbas pada peran Sumbagsel dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi secara nasional. "Ini kumpulan dari keinginan masyarakat yang mengharapkan akses cepat baik dari Sumsel menuju Bengkulu maupun sebaliknya," ujar Deru. (Baca: Tingkatkan Hasil Pertanian, Pemkab Banyuasin Butuh Ribuah Petugas PPL )

Dikatakannya, peningkatan akses jalan penghubung baru antar provinsi tersebut penting dilakukan. Walaupun ada pembangunan jalan tol Sumsel-Bengkulu, namun gerbangnya berada di Kota Lubuklinggau. “Untuk itu, upaya ini kita lakukan agar daerah lain seperti Kabupaten Empat Lawang dan Lubuklinggau juga terkoneksi. Ini akan kita lakukan tripartit antara Sumsel, Bengkulu, dan TNI," katanya.

Diketahui, saat ini ada empat akses penghubung antara Sumsel dan Bengkulu. Dua diantaranya merupakan jalan provinsi dan dua lainnya jalan nasional. Jika ini telah dirampungkan, lanjut HD, maka kedepan Sumsel akan berupaya untuk peningkatan mutu komoditi sehingga dapat semakin bersaing dengan daerah lain.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu H Rohidin Mersyah mengatakan, upaya ini merupakan lanjutan dari kesepakatan yang telah dilakukan tahun lalu. "Sumsel dan Bengkulu sepakat untuk memperbanyak konektivitas. Termasuk juga akses tol yang saat ini masih proses. Ini akan menjadi arus ekonomi baru baik dari Sumsel ke Bengkulu maupun sebaliknya," kata Rohidin.

Dia menjelaskan, saat ini ada dua prioritas peningkatan jalan penghubung yang akan dilakukan. Dimana Pemprov Sumsel dan Bengkulu akan membuat akses Jalan Baru dari Kabupaten Seluma ke Kabupaten Empat Lawang serta meningkatkan jalan Kabupaten Kaur ke kawasan Air Tembok perbatasan Sumsel. "Dua jalan ini kita nilai potensial. Ini akan membawa dampak untuk ekonomi bagi masyarakat, disamping itu juga memberikan pengamanan untuk jalur evakuasi bencana,” terangnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1745 seconds (0.1#10.140)