Tak Pernah Sepi Dikunjungi Peziarah, Wisata Religi Diyakini Sandiaga Uno Mampu Bangkitkan Ekonomi Wonosobo

Minggu, 03 Juli 2022 - 12:48 WIB
loading...
Tak Pernah Sepi Dikunjungi Peziarah, Wisata Religi Diyakini Sandiaga Uno Mampu Bangkitkan Ekonomi Wonosobo
Makam Mbah Kyai Walik yang berada di Masjid Al Manshur, Jalan masjid Nomor 13 Kauman Utara, Kelurahan Wonosobo Timur, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah tak pernah sepi dari peziarah. (Ist)
A A A
WONOSOBO - Makam Mbah Kyai Walik yang berada di Masjid Al Manshur, Jalan masjid Nomor 13 Kauman Utara, Kelurahan Wonosobo Timur, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah tak pernah sepi dari peziarah.

Setiap harinya, ratusan masyarakat memenuhi area makam pendiri Wonosobo itu yang diapit makam dua ulama lainnya, yakni Kyai Kolodete dan Kyai Karim.

Kyai Walik diketahui merupakan sosok ulama asal Yaman yang bernama asli Abdul Khaqam.

Menurut sejarah, Kyai Walik pertama kali datang ke Indonesia dan tinggal di kediaman Sunan Kudus. Empat tahun tinggal di Nusantara, Sunan Kalijaga mengajaknya berdakwah.

Sunan Kalijaga berdakwah di wilayah Jawa Tengah bagian selatan hingga Mataram. Adapun, Kyai Walik berdakwah di wilayah Wonosobo.

Sejarah tersebut diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno menambah khazanah Nusantara.

Bahkan, berdasarkan hikayat, Kyai Walik merupakan sosok ulama pertama yang menyebarkan ajaran Islam di Pulau Jawa, sehingga Wonosobo diyakini sebagai titik Nol Kilometer penyebaran Islam di Pulau Jawa.

"Sangat luar biasa untuk mengangkat wisata religi di Wonosobo, termasuk juga tadi wisata berbasis sejarah yang disampaikan dan tentang penyebaran Islam di Pulau Jawa yang ternyata kilometer nol-nya ini diyakini ada di Wonosobo," ungkap Sandiaga Uno pada Minggu (3/7/2022).

"Kami juga berkesempatan ziarah di makam Mbah Walik, Ini adalah salah satu tokoh pendiri yang masa Sunan Kudus bersama Sunan Kalijaga berdakwah di Jawa Tengah bagian selatan dan wafat di Wonosobo," tambahnya.

Wisata sejarah yang dimiliki Kabupaten Wonosobo tersebut menurutnya merupakan potensi wisata yang sangat luar biasa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9234 seconds (0.1#10.140)