Terkendala Batas Usia, 76 Calon Jamaah Haji asal Lahat Batal Berangkat

Jum'at, 01 Juli 2022 - 15:30 WIB
loading...
Terkendala Batas Usia, 76 Calon Jamaah Haji asal Lahat Batal Berangkat
Sebanyak 100 calon jamaah haji asal Kabupaten Lahat, Sumatera Utara, diberangkatkan menggunak tiga bus menuju ke tanah suci Mekkah, Jumat (1/7/2022). Foto/iNews TV/Bala Putra
A A A
LAHAT - Dua tahun tertunda akibat pandemi COVID-19, sebanyak 76 calon jamaah haji asal Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, kembali harus menelan pil pahit. Pasalnya, rencananya untuk berangkat ke tanah suci Mekkah, kembali batal akibat pembatasan usia.



Pemerintah Arah Saudi, menetapkan aturan batas usia calon jamaah haji yang boleh menunaikan ibadah haji pada tahun ini maksimal 65 tahun. Kondisi ini dilakukan, untuk mengantisipasi masih terjadinya penularan COVID-19.



Sementara itu, sebanyak 100 calon jamaah haji asal Kabupaten Lahat, yang telah lolos persyaratan untuk menunaikan ibadah haji, akhirnya diberangkatkan ke Arab Saudi, Jumat (1/7/2022). Mereka dilepas di halaman gedung kesenian Kabupaten Lahan.



Ratusan keluarga para calon jamaah haji, turut hadir untuk melepas keberangkatan calon jamaah haji tersebut. Kasi Haji dan Umroh Kantor Kemenang Kabupaten Lahat, Ujang Jamhari mengatakan, 100 calon jamaah haji asal Lahat ini, akan bergabung dengan calon jamaah haji di Asrama Haji Palembang.

"Sebelum diberangkatkan ke tanah suci Mekkah, para calon jamaah haji akan ditampung di Asrama Haji Palembang. Sejumlah aturan ketat diberlakukan dalam ibadah haji ini oleh pemerintah Arab Saudi. Di antaranya harus tes PCR, sudah divaksin sebanyak tiga kali, dan batas usia maksimal 65 tahun," terang Ujang Jamhari.



Calon jamah haji asal Sumatera Selatan, pada tahun 2022 ini mencapai sebanyak 3.201 orang, dengan rincian 3.183 calon jamaah haji dan dua pembimbing, serta 16 petugas. Mereka diberangkatkan dalam sembilan kelompok terbang (Kloter), sejak 24 Juni 2022 lalu.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1470 seconds (0.1#10.140)