KSAL Yudo Margono Kunjungi IKN, Tinjau Lahan 40 Hektare untuk Mako TNI AL

Kamis, 30 Juni 2022 - 20:43 WIB
loading...
KSAL Yudo Margono Kunjungi IKN, Tinjau Lahan 40 Hektare untuk Mako TNI AL
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMS) Balikpapan usai meninjau lahan milik TNI AL di kawasan IKN, Kamis (30/6/2022) petang. Foto/MPI/Mukmin Azis
A A A
BALIKPAPAN - Markas Komando TNI AL di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) mulai dipersiapkan seluas 40 hektare. Lahan tersebut nantinya untuk pembangunan Komando Daerah Maritim (Kodamar) atau yang sebelumnya bernama Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal).

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menjelaskan hal itu saat ditemui di VVIP Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMS) Balikpapan, Kalimantan Timur usai melakukan peninjauan lahan milik TNI AL di kawasan IKN pada Kamis (30/6/2022) petang.



"Kami melihat lahan yang diberikan untuk TNI maupun TNI AL nanti kami susun perencanaan untuk Mako maupun personel di sana, termasuk rencana pertahanannya luasan dari TNI ada 150 hektare kami dapat 40 hektare," katanya.

Sebanyak 40 hektare lahan tersebut merupakan bagian dari lahan khusus untuk TNI seluas 150 hektare. Yudo mengaku saat ini masih dalam proses penyusunan dan peninjauan lahan.

"Progresnya belum baru masih lihat lahan saja, nanti kita tunggu berikutnya tahun 2024 rencana ada distribusi untuk personel Angkatan Laut," katanya.

Yudo beserta rombongan didampingi Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Rasyid Al Hafis serta Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Hariyanto dan jajarannya.



Yudo mengatakan untuk kekuatan personel sudah pasti akan ditambah guna memperkuat pertahanan di wilayah IKN. Pembangunan Kodamar sendiri terus menjadi pembahasan dan dalam progres perencanaan dan pemetaan kekuatan.

Kodamar nantinya difokuskan pada kekuatan pertahanan pantai.



"Kita nanti akan membesarkan Lanal Balikpapan menjadi Kodamar, masih dalam proses sekarang. Jadi Komando Daerah Maritim tugas pertahanan pantai karena sudah ada Koarmada II yang untuk pertahanan lautnya," tandasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3955 seconds (0.1#10.140)